Jelang Nataru PLN Babel Siagakan 773 Personel

PANGKALPINANG, LASPELA – Menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) menyiagakan sebanyak 773 personel untuk menjaga kehandalan listrik.

“Jelang Nataru 2022 ini kita siagakan sebanyak 773 personel guna mengamankan pasokan listrik. Dari 773 personel ini terdiri dari 227 personel PLN dan 496 personel tenaga ahli daya dan mitra kerja,” kata Ganeral Manager PLN Babel, Ajrun Karim kepada wartawan usai mengikuti Apel Siaga Kelistrikan Nataru serentak se Indonesia secara virtual yang dilaksanakan di Komplek PLTU Air Anyir Kabupaten Bangka, Selasa (20/12/2022).

Dikatakan Arjun, ini berdasarkan arahan Dirut PLN, dimana semua diminta siaga. Dan PLN Babel siap dan siaga mendukung kekhidmatan ibadah Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang terhitung sejak 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023.

“Nantinya ratusan personel ini akan disebarkan di 61 posko siaga di Babel yakni Kantor Wilayah (1 posko), UP3 Bangka (16 posko), UP3 Belitung (10 posko) dan UPK Babel (34 posko),” ujarnya.

Lanjutnya, untuk mendukung siaga Nataru, pihaknya juga menyiapkan peralatan pendukung 54 unit, kendaraan pendukung 51 unit dan material cadang gangguan tersedia dalam jumlah cukup.

“Saat ini kecukupan daya di Unit Induk Wilayah Babel dengan daya mampu 331,4 MW, beban puncak tertinggi 231,2 MW dan cadangan daya 100,2 MW,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengimbau kepada seluruh personil yang bertugas untuk menjaga keandalan suplai listrik di beberapa lokasi prioritas yang mana selain 61 posko yang di siapkan, juga ada 68 lokasi VVIP/VIP seperti gereja, kantor pemda, kantor TNI/Polri dan dinas terkait.

“Diharapkan kita bisa menyediakan pasokan listrik selama 24 jam secara terus menerus tanpa gangguan. Mohon dukungan dari semua pihak baik forkopimda maupun masyarakat, agar kami bisa merealisasikan apa yang telah menjadi ketetapan program PLN secara corporate,” harapnya.

Arjun menyebutkan, dalam siaga Nataru ini ada tiga unit kerja PLN yang dilibatkan yakni UP3 Bangka, UP3 Belitung dan UPK Babel.

“Ketiga unit kerja inilah yang melakukan kesiapan dan memastikan bahwa pelayanan ketenagalistrikan di Bangka dan Belitung dalam kondisi aman dan andal,” tuturnya.

Ajrun menambahkan, saat ini jumlah SPKLU ada 2 unit yang tersebar di 2 lokasi yakni Pulau Bangka 1 unit dan Pulau Belitung 1 unit.

“Kami berharap kedepan SPKLU di dua wilayah tersebut akan terus bertambah sebagai bentuk dukungan komitmen PT PLN untuk mendukung transisi energi electrifying lifestyle dalam rangka suplay tenaga listrik bagi kendaraan listrik baik roda dua maupun roda empat,” tandasnya.

Sebelumnya, PLN Babel menggelar Apel Siaga Kelistrikan Nataru serentak se Indonesia yang dilaksanakan secara virtual di Komplek PLTU Air Anyir Kabupaten Bangka, Selasa (20/12/2022) pagi.  Apel siaga tersebut merupakan bentuk dari usaha PLN untuk merapatkan barisan dalam menjaga keandalan suplai listrik selama masa siaga.(chu)