Perdana, PWI Basel Gelar Kelas Literasi Tingkat Pelajar SMA

TOBOALI, LASPELA– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka Selatan membuka kelas literasi bagi para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Toboali, Kamis 8 September 2022 di Sekretariat PWI Basel.

Kelas literasi tingkat SMA ini merupakan perdana yang dilaksanakan PWI Bangka Selatan.

Sebelumnya PWI Bangka Selatan telah menggelar berbagai kegiatan bagi para siswa, baik di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ketua PWI Basel, Dedy Irawan mengatakan kegiatan kelas literasi ini akan menjadi program rutin dari PWI Bangka Selatan akan datang.

“Alhamdulillah hari ini kami PWI Bangka Selatan untuk pertama kalinya menggelar kegiatan kelas literasi bagi anak-anak SMA Negeri 1 Toboali,” kata Dedy.

Ia mengatakan, kelas literasi ini akan memberikan manfaat bagi para siswa, terutama tingginya minat untuk menulis maupun membaca sejak dini.

“Kami ingin berbagi ilmu kepada siswa terutama dalam menulis sebuah berita, agar mereka nanti kedepan memiliki minat yang tinggi untuk menulis maupun membaca yang tinggi,” imbuhnya.

Menurut dia, kelas literasi ini akan dilakukan ke setiap sekolah, tidak hanya satu sekolah saja.

“Kelas literasi bukan digelar hanya untuk satu sekolah saja, tapi kami akan mengajak sekolah-sekolah khususnya di Bangka Selatan untuk belajar dan memahami cara membuat berita,” jelas dia.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakan Bangka Selatan, Sumadi menyebutkan pihaknya menyambut baik kegiatan kelas literasi bagi para siswa.

“Kami sangat mengapresiasikan kepada kawan-kawan PWI Bangka Selatan, yang telah melaksanakan kegiatan literasi bagi para siswa SMAN 1 Toboali untuk pertama kali dan akan dilaksanakan secara rutin kedepannya,” ujar dia.

Ia menuturkan bahwa Dinas Arsip dan Perpustakan Bangka Selatan, akan memberikan dukungan sepenuhnya bila nanti dibutuhkan oleh PWI.

“Kita saling bersinger karena kegiatan sepetri sangat memberikan manfaat, jadi kedepan kita akan mendukung penuh kegiatan PWI Bangka Selatan,” tutur dia.

Ia berharap kepada para siswa yang mengikuti kelas literasi, dapat mengembangkan ilmu yang didapat selama mengikuti pelatihan.

“Semoga siswa yang mengikuti kegiatan kelas literasi ini, dapat menerapkan ilmunya terutama menambah wawasan ataupun berminat menjadi seorang penulis ataupun jurnalis nantinya,” harap dia. (Pra)