Atasi Blank Spot, Kominfo Babar Kerja Sama dengan Provider

MUNTOK, LASPELA — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bangka Barat (Babar) terus berupaya mengatasi blank spot yang masih ditemui di beberapa titik, dengan menggandeng provider yang ada diantaranya Icon+ dan Telkomsel.

Kepala Diskominfo Babar Arwendy menyampaikan, sebelumnya terdapat beberapa titik blank spot yang tersebar di enam kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

Adapun titik yang masih bank spot beberapa tahun terakhir yakni, Pangkal Beras, Air Bulin, Mislak, Limbung, Air Gantang, Sinar Surya, Kayu Arang, Tuik, Tanjung Niur, Rajek, Rumpis, Ibul/Belar, Sungai Buluh.

Namun, di tahun 2022 diungkapkan Arwendy titik blank spot tersebut sudah diatasi meskipun belum merata, dan ke depan pihaknya akan terus berusaha untuk mengatasi blank spot di Bangka Barat.

“Walaupun belum merata di desa itu sudah tercover semua jaringan internetnya. Kita fokus dulu di instansi pemerintah seperti kantor desa dan sekolah. Ini kita kerja sama dengan Icon dan Telkomsel Indihome. Rata-rata sudah tercover semua juga jaringan internet,” ungkapnya, Rabu (10/8/22).

Kemudian, ada titik yang sudah dipasang menara combat untuk mendukung telekomunikasi, yang rencananya juga akan dibangun menara permanen untuk memudahkan masyarakat mengakses internet.

“Kita berupaya bekerja sama dengan Telkomsel. Minggu kemarin Telkomsel sudah memasang menara combat di Desa Kayu Arang. Artinya, di desa Kayu Arang memang sudah kita counter antisipasi dengan jaringan internet, dan kita perkuat dengan adanya lagi menara combat yang mampu mencapai radius 3 km,” ucapnya.

Menurut Arwendy, terjalinya kerja sama yang baik dengan provider akan memudahkan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat mengatasi blank spot yang ada.

“Mudah-mudahan nanti kedepannya bakal ada lagi desa-desa yang kita cover berupa menara combat, Insyaallah di daerah Rajek untuk tahun ini, namun sekarang baru terealisasi di Kayu Arang,” katanya. (Oka)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: