Terima Bantuan 100 Unit Rumah Layak Huni, Algafry Sebut Program BSPS Luar Biasa

KOBA, LASPELA– Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Bateng menerima bantuan 100 unit rumah layak huni dari Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Balai Pelaksana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun 2022.

Kepala Satuan Kerja Perumahan Kementerian PUPR, Arifman mengatakan Program BSPS yang sudah berjalan sejak tahun 2016 tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan wilayah dan ekonomi daerah, mendukung pembangunan sosial budaya, dan memberikan multiplier efek terhadap sektor lain.

“Salah satunya dengan mengupayakan tempat tinggal atau rumah yang layak huni bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang kurang mampu,” kata Arifman, Jumat (1/7/2022).

Bupati Bateng, Algafry Rahman mengatakan penerima bantuan sebanyak 100 unit rumah yang berada di Kecamatan Lubuk Besar tersebar di 3 desa, yaitu Desa Perlang 52 unit, Desa Batu Beriga 28 unit, dan Desa Lubuk Besar 20 unit.

“Program BSPS sudah masuk tahun 2019, sudah dilaksanakan di Simpang Perlang salah satu contoh tempatnya. masyarakat bergotong-royong membangun rumah yang hendak dikerjakan,” kata Algafry.

Ia mengatakan program rumah layak huni dari Program BSPS merupakan program yang sangat luar biasa dan sangat membantu meringankan beban masyarakat.

“Program ini sangat luar biasa, dan kami yakin masyarakat sangat terbantu diringankan bebannya dalam peningkatan kualitas rumah sehingga jumlah rumah tidak layak huni dapat berkurang secara bertahap,” kata Algafry.

Kepala Disperkimhub Bateng, Fani Hendra Saputra menuturkan jumlah bantuan untuk Tahun 2022 sebanyak 100 unit tersebar di 3 Desa.
Ia menambahkan program rumah layak huni sudah pernah berjalan sebelumya, dan ia mengatakan bahwa pihaknya akan melengkapi data dukung agar dapat mengusulkan 500 unit rumah layak huni.

“Tentunya kita berupaya melengkapi data dukung. Semua disampaikan ke Kementerian PUPR agar pencapaian kita bukan hanya 100 unit, tetapi akan kita usulkan menjadi 500 unit bantuan rumah layak huni,” kata Fani.(Jon)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: