Solid, Riza-Debby Bersama Forkopimda Launching Balai Wisata dan Branding Pariwisata Bangka Selatan

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga melaunching Balai Wisata dan Branding Pariwisata Kabupaten Bangka Selatan di Balai Wisata, Sabtu, 25 Juni 2022 malam.

Launching tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, bersama Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi dan didampingi Ketua DPRD Kabupaten Bangka Selatan Erwin Asmadi, Kapolres Bangka Selatan AKBP Joko Isnawan, Pabung Kodim 0413/Bangka Mayor Kavaleri. Amar Wahyudi, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Selatan Elizia Riza Herdavid, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan Eddy Supriadi, turut juga hadir Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Bangka Selatan.

Bupati Riza menyampaikan melalui acara ini Pemerintah Daerah mencoba untuk menggeliatkan kembali pariwisata yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

“Suatu langkah cerdas dari Dinas terkait kami, ditengah keterbatasan bukan berarti kita tidak bisa berbuat. ini adalah bahan pancingan dari Dinas Pariwisata kami untuk menggeliatkan kembali pariwisata yang ada di Bangka Selatan, nah bentuknya kita launching Balai Wisata dan Branding Pariwisata yang ada di Kabupaten Selatan,” jelas Riza, Sabtu malam.

Riza juga berharap dengan dilaunchingnya Balai Wisata bisa menjadi pembakar semangat masyarakat untuk memfokuskan bahwa pariwisata di Bangka Selatan mempunyai potensi beribu pesona.

“Ini adalah langkah kecil yang semoga saja menjadi penyulut ,pembakar, dan penyemangat masyarakat Kabupaten Bangka Selatan untuk kembali memfokuskan diri bahwa sumber daya alam untuk pariwisata kita itu sangat luar biasa potensinya,” ucap dia.

Tak hanya itu, Riza juga mengajak pelaku seni dan UMKM untuk berkumpul mencari aternatif apa yang bisa menjadi nilai tumbuh ekonomi dari sisi kepariwisataan.

“Saya sangat apresiasi kepada penggiat seni yang ada di Kabupaten Bangka Selatan yang ikut terjun langsung memamerkan budayanya, seninya yang semuanya ada di Balai Wisata ini, dan Balai Wisata ini terbuka untuk masyarakat, jadi untuk semua masyarakat terutama pelaku seni, pelaku UMKM bisa berkumpul disini mencari bahan mencari alternatif apa yang bisa menjadi nilai tumbuh ekonomi dari sisi kepariwisataan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan,” pungkas Riza.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Bangka Selatan Muhammad Ikbal, mengatakan bahwa Balai Wisata ini adalah sebagian kecil dari konsep besar “Creative Hub” (Pusat Kreatif), di Kabupaten Bangka Selatan.

“Balai Wisata adalah sebagian kecil dari pada konsep besar ‘Creative Hub’. ‘Creative Hub’ yang hadir di kota-kota besar itu konsepnya gedung, Insya Allah atas suport Kepala daerah dan Wakil kepala daerah konsep besar yang ada di Bangka Selatan berbentuk Kawasan nantinya, jadi Balai Wisata ini hanya sebagian kecil dari pada kawasan “Creative Hub” di Kabupaten Bangka Selatan,” ujar dia.

Selanjutnya, lebih jauh Ikbal menjelaskan dengan dilaunchingnya Balai Wisata ini mempertegas bahwa Pemerintah Daerah ada dan hadir untuk para pelaku seni.

“Dengan dilaunching ini bukan berarti ‘Creative Hub’ dan Balai Wisata sudah sempurna, namun hari ini mempertegas bahwa ruang kreatif untuk para millenial, para pelaku ekonomi kreatif dan para pelaku seni sudah hadir di Bangka Selatan. Itu membuktikan bahwa Pemerintah Bangka Selatan ada dan hadir untuk para pelaku seni dan ekonomi kreatif disini,” tandas dia.

Adapun rangkaian acara dalam Launching Balai Wisata dan Branding Pariwisata Kabupaten Bangka Selatan meliputi Lelang Lukisan dari seniman Lokal Kabupaten Bangka Selatan, Penyerahan Mobil Wuling yang nantinya akan digunakan sebagai Operasional Pariwisata, Kunjungan ke display Produk Ekonomi Kreatif, Pameran Bonsai dan Penampilan Artis Richie eks Vokalis Band Five Minutes. (Pra)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: