Gelar Pelatihan Prosedur dan Pembiayaan Ekspor, Disperindag Babel Gandeng Disperindag Kota Pangkalpinang

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung (Disperindag Babel) bekerja sama dengan Disperindag Koperasi dan UMKM Kota Pangkalpinang mengelar pelatihan prosedur dan pembiyayaan ekspor kepada puluhan pelaku usaha ekspor UMKM Pangkalpinang. Mengundang dua narasumber, yaitu Gustian Mahardika dan Yosefin Wijaya selaku pakar prosedur dan pembiyayaan ekspor, acara tersebut dilaksanakan Rabu (22/6/2022) di Ruang Pertemuan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Pangkalpinang.

Dengan dihadiri para pejabat di lingkup Disperindag Provinsi dan Kota Pangkalpinang, acara itu dibuka langsung oleh Kepala Disperindag Koperasi dan UMKM Kota Pangkalpinang.

Dalam arahanya, Kadis Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon mengatakan bahwa pembinaan pelaku usaha ekspor UMKM Kota Pangkalpinang dapat terus dilakukan dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha. Oleh sebab itu, pelatihan ini diharapkan nantinya dapat menumbuh kembangkan UMKM di Kota Pangkalpinang. Dengan seperti itu,lajut Dia. Para pelaku usaha ekspor UMKM Pangkalpinang ke depanya dapat memajukan dan mengembangkan produk ekspornya.

“Saya berharap kegiatan ini berkelanjutan, demi memajukan pelaku usaha kota Pangkalpinang, sebab mereka membutuhkan banyak pengetahuan untuk meningkatkan produk ekspor mereka,” katanya.

Dia berpesan kepada para peserta pelatihan untuk benar-benar menyimak dan berdiskusi terkait prodak usahanya kepada narasumber dan jajaran di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel.

“Para peserta silakan bertanya dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan jika ada permaslahan, bisa ditanyakan ke narasumber dan apa bila ada kendala atau masalah yang belum bisa terselesaikan bisa ditanyakan ke Disperidag Provinsi Babel,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disperindag Babel, diwakili Bidang Sarana Perdagangan dan Pengembangan Ekspor, Nasirin menjelaskan, para pelaku usaha potensial ekspor sangat perlu memahami prosedur ekspor dan akses pembiyayaan ekspor sehingga bila bertemu buyer sudah familiar dan paham langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengirimkan produknya ke luar negeri.

“Harapan kami, pelatihan ini diikuti dengan sunguh-sungguh, agar tenaga dan waktu yang dikeluarkan, serta di fasilitasi oleh pemerintah daerah dapat bermanfaat dan saya mengucapkan terima kasih kepada Disperindag, Koperasi dan UMKM Kota Pangkalpinang atas dukungan dan Kerjasamanya,” katanya.

Kegiatan ini, selain diikuti oleh para pelaku usaha melalui tatap muka, ada juga yang mengikuti melalui zoom meeting. (wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: