Ideologi Pancasila Harus Menjadi Falsafah Berbangsa dan Bernegara

PANGKALPINANG, LASPELA– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indoensia Rudianto Tjen menegaskan ideologi pancasila merupakan satu-satunya pandangan hidup dan menjadi falsafah dalam berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, ideologi pancasila adalah harga mati dan tak bisa ditawar-tawar. Pernyataan anggota DPR RI fraksi PDIP menanggapi banyak bermunculnya fenomena kelompok yang menginginkan ideologi bangsa diubah.

“Makanya PDIP mempelopori lomba cerdas cermat 4 pilar kebangsaan bagi anak SLTP se Indonesia. Tujuan utamanya agar anak anak sekolah yang masih belia ini dapat mempelajari filosopi dan mengilhami serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Rudi usai menghadiri lomba cerdas cermat di sekretariat DPD PDIP Bangka Belitung, Sabtu (20/11/2021).

Wakil bendahara umun DPP PDIP ini juga mengatakan tujuan lainnya ialah agar para siswa mengetahui sejarah, bagaimana para pahlawan bangsa memerdekan Indonesia serta mewujudkan manusia Indonesia yang cinta tanah air.

Lanjut Rudi, PDIP menilai pemahaman dan implementasi 4 pilar bangsa yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika haruslah digelorakan di seluruh Indonesia agar terciptanya keutuhan, kerukuanan dan kedamaian bangsa dan negara.

“Jadi progam lomba cerdas cermat tingkat SLTP ini merupakan program PDIP Pusat sebagai wujud mempertahankan keutuhan berbangsa dan bernegara. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indoensia,” tuturnya.

Rudi juga berharap kepada peserta lomba dapat menjadi embrio di lingkungannya agar kedepannya bangsa Indoensia semakin solid, semakin kuat dan semakin maju.

“Karena perjuangan para pahlawan bangsa ini bukan mudah. Maka kita mengharapkan kepada generasi penerus untuk dapat menjaga dan merawat persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.(adv/you)