Kapolres Pimpin Langsung Tim Gabungan Bongkar Ponton TI di Marbuk

KOBA, LASPELA– Kapolres Bangka Tengah (Bateng), AKBP Slamet Ady Purnomo memimpin tim gabungan yang terdiri dari Polres Bateng, Koramil Koba, Pol PP, serta pihak Kecamatan Koba, mendatangi lokasi tambang illegal (TI) di Kolong Merbuk, Kecamatan Koba untuk melakukan penertiban dan pembongkaran ponton TI, Sabtu (10/4/2021).

AKBP Slamet Ady Purnomo menyampaikan kepada para pemilik tambang agar segera melakukan pembongkaran peralatan tambang milik mereka, dan apabila tidak melakukannya maka akan dilakukan upaya penegakan hukum.

“Saat ini para pemilik tambang sedang melakukan pembongkaran peralatan tambangnya di lokasi tambang Merbuk, situasi sampai saat ini kondusif,” katanya, Sabtu (10/4/2021).

Ia mengungkapkan bahwa masih ada peralatan tambang yang belum dibongkar oleh pemiliknya, dan pihak kepolisian memberikan waktu ke penambang hingga hari Senin (12/4/2021), apabila sampai batas waktu tersebut tidak dibongkar maka akan dilakukan proses hukum.

Slamet menyampaikan bahwa penertiban yang dilakukan oleh pihaknya untuk meredam potensi konflik antara pro-kontra lingkar tambang Pungguk, Kenari, dan Merbuk yang semakin tajam dan bisa berdampak pada perubahan situasi Kamtibmas.

“Giat ini untuk menciptakan situasi yang kondusif di Bateng, dan juga menjelang bulan suci Ramadhan,” ungkapnya.

Dari pantauan media di lapangan, ada sekitar 67 ponton TI Rajuk yang ditinggalkan dan belum diketahui pemiliknya dan belum dibongkar, 13 diantaranya diindikasikan milik seorang pengusaha Pangkalpinang dengan ciri memakai bendera warna putih.(Jon)