Home / BANGKA BELITUNG / KABUPATEN BANGKA BARAT / NEWS

Jumat, 9 April 2021 - 21:46 WIB

Erzaldi Lakukan Peletakan Batu Pertama Kolam Retensi, Upaya Minimalisir Banjir di Muntok

MUNTOK, LASPELA – Gubernur Bangka Belitung, (Babel) Erzaldi Rosman menandai dimulainya pembangunan kolam retensi sungai Muntok, Bangka Barat (Babar) dengan melakukan peletakan batu pertama yang dilaksanakan, Jumat (9/4/2021).

Pembangunan kolam retensi yang memakan anggaran kurang lebih sebesar Rp14 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Babel itu, dijelaskan Erzaldi bertujuan untuk meminimalisir terjadinya banjir di Muntok.

“Tujuan dibangunnya kolam retensi agar mengurangi potensi banjir yang terjadi beberapa tahun lalu melanda Muntok. Dan kolam retensi juga untuk menahan debet air yang bisa diatur, sehingga Kota Muntok bisa terkurangi terjadinya banjir,” kata Erzaldi.

Selain untuk mengurangi banjir, dengan adanya kolam ini dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata air. Sehingga, dengan begitu dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi lingkungan sekitar, seperti adanya pembukaan lapangan kerja. Apalagi, katanya, Muntok belum memiliki wisata air.

“Kolam retensi sungai Muntok selain untuk mengurangi banjir, juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata air, karena di tengah Muntok ini belum ada wisata air. Kalau wisata air laut sudah banyak,” katanya lagi.

Erzaldi juga mengatakan, pembangunan kolam retensi bukanlah kegiatan satu-satunya yang akan dilakukan di Muntok, melainkan terdapat agenda lainnya seperti pembangunan stadion, dan pelebaran jalan di beberapa titik.

Tidak hanya di Kota Muntok, lanjut Erzaldi pada kegiatan yang juga dihadiri Plh. Bupati Babar, Bupati Babar terpilih Sukirman, Kaporles, Kepala Bappeda Provinsi, dan Kepala PU Provinsi itu, juga dilakukan di beberapa daerah lain di Bangka Barat.

“Pelebaran jalan di Jebus, Parit Tiga, penahan gelombang pasir kuning di Tempilang, dan jembatan gantung di Kelapa. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan provinsi untuk Babar masyarakat lebih nyaman,”katanya. (Adi)

Share :

Baca Juga

NEWS

Alasan Kenapa Ezra Walian Tak Jadi Starter Saat Indonesia Imbangi Thailand

BANGKA BELITUNG

Lawan Serangan Belanda, Effendi Mattjik Bermodalkan Keris dan Bambu Runcing

BANGKA BELITUNG

Pesan Parulian Di Akhir Masa Jabatannya Sebagai Ketua DPRD Bangka

BISNIS

MSB NOVOTEL HADIR KEMBALI DENGAN KONSEP BARU!

BANGKA BELITUNG

Malam Tahun Baru, Masyarakat Babel Dilarang Berkumpul Lebih Dari 50 Orang

HEADLINE

Indonesia Perjuangkan Pencegahan Kejahatan Perikanan di PBB

BANGKA BELITUNG

30 Tahanan di Polres Bangka Barat Jalani Rapid Test

BANGKA BELITUNG

Cegah Covid-19, Kompi Senapan B Lakukan Penyemprotan di Beberapa Titik
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: