Home / BANGKA BELITUNG / NEWS / PANGKALPINANG / PEMKOT PANGKALPINANG

Kamis, 11 Februari 2021 - 19:22 WIB

BPK Tegur DKP Kota, John Herli Bereaksi

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang sempat ditegur oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pengolahan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Pangkal Balam.

Teguran tersebut disampaikan saat rapat Pengalihan Personel, Pendanaan, Sarana dan Prasarana Serta Dokumen (P3D) yang digelar melalui zoom meeting di ruang rapat Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Kamis (11/2/2021).

Pemkot melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pangkalpinang, John Herli bereaksi terhadao teguran BPK. Ia membantah pemkot dianggap tidak menjalankan tugas dan kewenangannya.

John Herli menjelaskan, alasan pihaknya tidak mengelola TPI lantaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) belum menyerahkan kewenangan pengelolahan tersebut kepada Pemkot Pangkalpinang

“Masalah pengelolaan TPI, jadi untuk lahan yang P3 dan TPI itu sudah kami serahkan ke provinsi, ada dokumentasi antata Pak Walikota ke Gubernur Bangka Belitung itu ada. Namun, pengelolaan TPI sampai sekarang belum diserahkan ke kami ke kota,” ujarnya.

Pemkot sendiri, kata John Herli, yelah empat kali mengirimkan surat ke gubernur terkait pengelolaan TPI. Pertama, surat tanggal 6 Januari 2020 nomor 005 , surat kedua tanggal 27 Juli 2020 nomor 087, 13 Agustus 2020 nomor 106, dan tanggal 5 bulan September nomor 132.

Namun, katanlya dari keempat surat tersebut belum ada tanggapan dari Pemprov Babel. “Kenapa tidak kami kelola, bukannya kami tidak ingin mengelola, tapi provinsi belum mau menyerahkan kewenangannya agar TPI dikelola pemkot,” katanya.

Dia pun meminta arahan agar DKP Babel perihal pengelolaan TPI. “Jadi dimohon arahannya ke kami bisa diberi petunjuk langkah apa yang bisa kami lakukan, agar kami tidak dianggap bahwa kami menyalahgunakan dan tidak menggunakan kewangan kami,” ujarnya.

Ia pun mengaku siap bersinergi dengan pemprov. “Kami memohon bantu kami, dan saya harap kita saling mendukung, dan kami tetap mendukung pemprov, tolong bantu kami,” katanya.

Merespon hal ini, Kepala DKP Babel, Dasminto meminta adanya pertemuan ulang dengan DKP Pangkalpinang. “Saya sangat kagum dengan semangat pak John, semangat yang luar biasa. Minggu depan saya harap kita bisa bertemu Pak,” pungkasnya. (dnd)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Pembukaan Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2019

BANGKA BELITUNG

Jelang Lebaran, Beberapa Kebutuhan Pokok Melejit

BANGKA BELITUNG

Bupati Belitung Konvoi Bersama Club Motor

BANGKA BELITUNG

Hampir Setiap Hari kebakaran, Kepala Dusun Puji Kinerja Damkar Yang Aktif

BANGKA BELITUNG

Peletakan Batu Pertama PT. Mutiara Agro Sejahtera Thomas: Masyarakat Jangan Khawatir Lagi, Kami Siap Menampung

BANGKA BELITUNG

Polda Babel Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada 2018

BANGKA BELITUNG

Erzaldi Berharap Mou Dengan Tiga Lembaga Publik Ini, Memberikan Informasi Yang Cepat Dan Tepat Sasaran

BISNIS

Sriwijaya Air Group Buka Akses Wisata ke Raja Ampat dari 5 Kota
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: