Home / BANGKA BELITUNG / KABUPATEN BANGKA / NEWS / PANGKALPINANG

Senin, 1 Februari 2021 - 21:12 WIB

Semester Genap Akademik Tahun 2021, UBB Terima 85 Mahasiswa

MERAWANG, LASPELA – Universitas Bangka Belitung (UBB) pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, akan menerima 85 Mahasiswa dari 20 Perguruan Tinggi Negeri di Wilayah Barat melalui Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara Sistem Alih Kredit (Permata SARI).

Mahasiswa dari 20 PTN ini akan mengikuti proses perkuliahan di UBB dengan sistem alih kredit selama satu semester di 5 fakultas, yakni Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Permata-SARI adalah progam pertukaran mahasiswa secara daring yang diselenggarahkan oleh Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat yang diikuti oleh 33 Perguruan Tinggi Negeri.

Rektor UBB, Dr. Ibrahim, MSi, menyambut baik program yang dirancang Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat yang salah satunya adalah pertukaran mahasiswa dengan Sistem Alih Kredit.

“Kalau Kemendikbud punya Permata-SAKTI, BKS PTN punya Permata SARI dan salah satunya adalah pertukaran mahasiswa. Kabar gembiranya bahwa UBB pada semester genap ini akan menerima kuliah secara virtual oleh 85 mahasiswa dari 20 PTN di Wilayah Barat,” terang Ibrahim.

Ia juga berharap kerja sama ini bisa semakin meningkatkan jejaring dalam rangka membangun perguruan tinggi negeri khususnya di wilayah barat semakin baik yang mampu menciptakan peluang kinerja di masa mendatang, dan khususnya kepada 85 mahasiswa dari PTN Barat dalam program Permata-SARI dapat mengikuti pelajaran di UBB dengan lancar.

Dengan bergabungnya 85 mahasiswa dari PTN Wilayah Barat ini, menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi UBB, dimana dalam Program Permata-SARI tersebut UBB di lirik oleh 20 PTN ternama yang diikuti oleh 33 PTN yang bergabung di Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat.

Menurut Rektor UBB, ada 10 mata kuliah di Program Studi (Prodi) UBB yang akan didatangi mahasiswa secara virtual diantaranya, Mata Kuliah Kepemimpinan (Prodi Manajemen), Hukum Telematika dan Bisnis Digital (Prodi Hukum), Wirausaha dan Perkebunan (Prodi Agribisnis), Ekonomi Pariwisata (Prodi Ekonomi), Teknologi Terbarukan Daerah Kepulauan (Prodi Fisika), Tionghoa dan Politik (Prodi Ilmu Politik), Tata Kelola Kepulauan Terpadu (Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan), Rehabilitasi Ekosistem Laut (Prodi Ilmu Kelautan), dan Ekologi Lahan Bekas Tambang (Prodi Agroteknologi).

“Teman-teman yang akan mengambil mata kuliah tersebut yang dari universitas bangka belitung tentu harus menyiapkan sebuah admosfir baru, karena nanti akan bergabung secara online dengan teman-teman dari Perguruan tinggi lain,” tutur Ibrahim.

Tambahnya, pertukaran mahasiswa ini adalah langkah awal sebagai Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan hak belajar kepada mahasiswa untuk belajar di luar Program Studi. Menurutnya kedepan UBB pada semester-semester yang akan datang masih ada lagi pertukaran pelajar yang lebih luas lagi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB, Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., melaporkan selain menyambut 85 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi negeri lain, UBB juga ada 60 mahasiswa UBB yang akan mengikuti program Permata-SARI di beberapa Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat.

“Kebetulan pada saat ini diselenggarakan secara online, kalau tidak karena pandemi covid ini akan ada secara langsung. Jadi mahasiswa-mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di BKS Wilayah Barat ini akan kuliahnya di UBB,” ungkap Nizwan.

Nizwan juga menerangkan selain kuliah di beberapa PTN, mahasiswa yang semester 7 bisa kuliah di tempat-tempat lain seperti di berbagai industri, desa atau perguruan tinggi yang ada di luar negeri guna mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Rektor dan keluarga besar UBB menyambut gembira dan mengucapkan selamat bergabung kepada mahasiswa dari 20 PTN Barat di UBB. Insyaallah UBB akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyiapkan kelas yang menarik, rekreatif dan sesuai dengan ekspestasi dari mahasiswa.

“Kami universitas bangka belitung menyambut gembira teman-teman yang akan bergabung di UBB. Insya Allah Universitas Bangka Belitung sudah siap menerima teman-teman semua bergabung di kelas-kelas, dan mudah-mudahan akan menarik bagi anda, dan ketetarikan untuk memilih mata kuliah-matakuliah yang khas di UBB ini nanti, mudah-mudahan akan menuntaskan harapannya untuk belajar sesuatu yang memang unik yang kita sajikan,” pungkasnya. (Ags/Humas/wa)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Dendle Robert Hendry Raih Juara 1 Triathlon 2019

BANGKA BELITUNG

Pemkab Bangka Barat Salurkan Dana Hibah Perubahan dan Mendahului Kepada 6 Penerima

NASIONAL

Payung Biru Jokowi Saat Aksi 212 Jadi Perbincangan “Netizen”

BANGKA BELITUNG

Program Bedah Rumah Lansia di Basel Selesai 100 persen

ADVERTORIAL

Hari Pahlawan 2016, Parhan Berikan Penghargaan kepada Veteran

BANGKA BELITUNG

6 Penumpang Asal Sumsel, Diketahui Masuk ke Bangka Barat Dengan Surat Rapid Test Palsu

BANGKA BELITUNG

Bupati Siap Kawal Investasi PT JPPI di Belitung Timur

INTERNASIONAL

Tekuk Dortmund, Real Madrid Akhiri Rekor Buruk
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: