Soal Vaksin Covid-19, Jokowi : Jangan Tergesa-gesa!

JAKARTA,LASPELA – Hingga saat ini belum juga adanya kepastian terkait ketersediaan vaksin covid-19, walaupun proses serta tahapan masih terus dilakukan. Terkait Keamanan dan efektivitas vaksin menjadi poin utama yang ditegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dipenuhi.

Kata Jokowi, uji klinis wajib dilakukan dengan benar. “Keamanan itu artinya kalau disuntik itu betul-betul memang sudah melalui sebuah tahapan-tahapan uji klinis yang benar. Karena kalau tidak, ada satu saja yang bermasalah nanti bisa akan menjadikan ketidakpercayaan masyarakat terhadap upaya vaksinasi ini,” kata Jokowi dikutip dari okezone.com, Senin (26/10/2020).

Standar kesehatan dirasa sangat penting agar dapat aman bila digunakan secara luas dalam upaya menekan penyebaran covid-19. Beberapa kalangan juga, lanjut Jokowi, akan memantau efektifitas vaksin seperti masyarakat, para pakar dan peneliti. “Karena itu semua tahapan sekali lagi harus melalui kaidah-kaidah scientific, kaidah-kaidah ilmu pengetahuan berdasarkan data science dan juga standar-standar kesehatan,” tegasnya.

Ia tidak ingin hadirnya vaksin nantinya justru akan dinilai sebagai tindakan yang tergesa-gesa oleh pemerintah. “Jangan timbul persepsi bahwa pemerintah ini tergesa-gesa, terburu-buru, tanpa mengikuti koridor-koridor ilmiah yang ada. Tolong ini betul-betul kita lalui semuanya. Meskipun kita ingin dipercepat, tapi sekali lagi hal-hal tadi jangan sampai dilupakan,” tutupnya.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: