Home / BANGKA BELITUNG / ERG PT Timah Turun Bantu Korban Banjir Garut

ERG PT Timah Turun Bantu Korban Banjir Garut

*Salurkan Bantuan dan Berikan Pelayanan Kesehatan

PANGKALPINANG, LASPELA – Tim Emergency Response Group (ERG) PT Timah Tbk kembali menjalankan misi kemanusiannya dengan turut membantu korban banjir bandang dan losngsor Pamengpeuk kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020).

kali ini Tim bergabung dengan giat kemanusiaan yang dipimpin oleh Kementerian ESDM

Leader Team ERG PT Timah untuk misi banjir bandang Garut, Hendy mengatakan tim ERG yang diturunkan dalam misi ini sebanyak 12 orang yang terdiri dari medis dan paramedis.

“Tim berangkat dari Jakarta dan Pangkalpinang dengan membawa juga barang dan obat-obatan untuk membantu korban banjir di Garut,” katanya, Selasa (20/10/2020).

Hendy menyebutkan, tim ERG PT Timah membawa sejumlah bantuan logistik, obat-obatan, susu dan makanan untuk membantu masyarakat yang terdampak.

“Untuk bantuan yang kita bawa obat-obatan, susu, beras, dan makanan lainnya. kemudian akan dilakukan maping di lokasi terkait bantuan apa lagi yang betul-betul dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya, juga akan memberikan pelayanan kesehatan dan bantuan evakuasi, jika masih dibutuhkan. Setibanya di lokasi bencana, tim ERG akan bergabung dengan BPBD setempat untuk memastikan daerah mana saja yang akan mendapatkan bantuan.

Rencananya, tim akan berada di Garut selama sepekan, namun belum dapat dipastikan, pasalnya tergantung dengan situasi dan kondisi.

“Kita belum tau lokasi persisnya, kita akan koordinasi dulu dengan BPBD setempat, sehingga apa yang kita lakukan betul-betul tepat. Kita rencananya seminggu, tapi belum pasti tergantung sikon,” sebutnya.

Tim ERG PT Timah dibawah kontrol kementerian ESDM telah banyak menjalankan misi kemanusiaan untuk membantu korban bencana di Tanah Air. ERG PT Timah adalah bentuk komitmen perusahaan untuk hadir membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

Dalam menjalankan misinya, ERG PT Timah tidak hany menyalurkan bantuan saja, tapi juga melakukan penyelamatan dan membantu pemulihan sosial masyarakat.

Sebelumnya, banjir dan tanah longsor di Provinsi Banten beberapa bulan lalu merupakan medan teranyar yang mereka arungi. Dipenghujung 2019, tim tanggap darurat PT Timah ini juga melakukan misi kemanusiaan sewaktu tsunami menerjang Banten dan Lampung. Misi kemanusiaan lainnya yakni banjir di Pangkalpinang, Belitung dan Belitung Timur, Banjir Mentok, gempa Lombok, banjir dan longsong Bengkulu, gempa Lombok dan Palu, dan sejumlah misi kemanusiaan lainnya.

Atas kiprahnya sewaktu bahu membahu membantu korban bencana di Mentawai, pada 20 Januari 2011 tim ini memperoleh penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Waryono Karno kepada ERG PT Timah.

Untuk mengasah keterampilan anggotanya, pada tanggal 17-27 September 2011, sebanyak 8 orang anggota ERG PT Timah mengikuti Indonesia Fire and Rescue Challenge (IFRC), semacam lomba ajang ketangkasan dalam misi penyelamatan, yang dilaksanakan di PT Berau Coal, Tanjung Redeb Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur.rill/(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: