Home / BANGKA BELITUNG / Disapu Angin Puting Beliung, Dua Rumah Warga Sungailiat Rusak Parah

Disapu Angin Puting Beliung, Dua Rumah Warga Sungailiat Rusak Parah

SUNGAILIAT, LASPELA — Dua unit rumah warga di Kecamatan Sungailiat rusak parah akibat diguyur hujan deras yang disertai angin kencang pada Jumat (25/9/2020) malam.

Plt Camat Sungailiat, Ramzi mengatakan dua titik lokasi kejadian tersebut ada di Tanah Hongkong Lingkungan Nelayan Dua dan Cendrawasih.

“Kondisi rumah di tanah hongkong ini memang kebetulan sudah cukup tua jadi ketika dihantam angin puting beliung malam kemarin atapnya langsung roboh. Untuk rumah Yusup Paulus di Lingkungan Cendrawasih, tujuh keping asbes rumahnya melayang,” ungkapnya.

Kejadian tersebut merupakan yang ketiga kalinya terjadi di wilayah Kecamatan Sungailiat dalam beberapa waktu terakhir.

“Ini yang ketiga kalinya dalam kurun waktu yang tidak terlalu jauh. Sebelumnya di lingkungan Ake Kelurahan Sinar Jaya-Jelutung satu rumah rusak, kemudian daerah Matras lima rumah dan Kelurahan Kenanga dua rumah,” tambahnya.

Setidaknya sudah lima kelurahan yang terdampak dari peristiwa tersebut yakni Kelurahan Sinar Jaya-Jelutung, Matras, Sri Menanti, Kenanga serta Kelurahan Sungailiat.

“Kelurahan Sinar Jaya-Jelutung ada satu rumah, Sri Menanti satu, Sungailiat satu, Kelurahan Kenanga dua dan Kelurahan Matras lima rumah, jadi total ada sembilan rumah,” ungkapnya.

Pihaknya sendiri terus melakukan koordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Bangka untuk penanganan awal sehingga bisa membantu warga.

Ia juga mengimbau agar masyarakat untuk tetap waspada ketika hujan yang disertai angin kencang.

“Kita harus tetap waspada ketika hujan dan angin kencang, hindari dari bagian rumah yang rentan jatuh, kalau bisa bagian rumah yang sudah rapuh untuk diganti atau diperbaiki demi keselamatan kita juga,” tuturnya.(mah)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: