Home / BANGKA BELITUNG / Tahapan Coklit Data Pemilih Mencapai 80 Persen

Tahapan Coklit Data Pemilih Mencapai 80 Persen

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Pilkada serentak 2020 Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Selatan saat ini sedang berlangsung tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan oleh petugas pemuktahiran daftar pemilih (PPDP).

Komisioner KPU Bangka Selatan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Rahmad Nadi mengatakan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada pilkada 2020 ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus.

Untuk saat ini, lanjutnya, pelaksanaan coklit di seluruh kecamatan sudah ada yang mencapai sekitar 80 persen bahkan ada yang 85 persen dari 143 ribu lebih yang dilakukan coklit.

“Harapan kita sebelum lebaran Idul Adha ini pencoklitan sudah ada yang selesai. Nanti dari coklit ini ditetapkan di KPU Bangka Selatan menjadi ddaftar pemilih sementara. Dan akan kita umumkan ditempat tempat strategis sehingga bisa diketahui oleh masyarakat,” kata Rahmad Nadi.

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk bekerjasama dalam memastikan diri terdaftar dalam daftar pemilih. Karena kadang-kadang seperti data yang dipegang oleh petugas pemuktahiran daftar pemilih dengan yang di lapangan berbeda, ada yang Rt-nya sudah pindah dan sebagainya, untuk itu perlu kerjasama.

“Silahkan sampaikan kepada kami baik dijajaran ditingkat PPS  maupun PPK atau bisa langsung ke KPU kalau memang belum terdaftar sebagai daftar pemilih,” ujarnya.

Ia mengatakan, data pemilih yang dilakukan pencoklitan didapat dari hasil sandingan DP4 dan DPT terakhir. Untuk itu, jika masih ditemukan data yang sudah meninggal tahun 2015, 2016 dikarena keluarganya belum mengurus akta kematian sehingga dari Capil belum bisa menghapus, dan kita KPU tidak berani menghapus data tersebut kecuali setelah dilakukan coklit.

“Jika masih ditemukan data yang sudah meninggal kita tidak bisa menghapus langsung, kecuali setelah dilakukan coklit, dan sudah dilakukan sudah dilakukan verifikasi faktual di lapangan dan orangnya memang meninggal dunia baru kita hapus,” katanya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: