Home / BANGKA BELITUNG / Hasilkan Kualitas Air Minum Yang Sehat, Dinkes Bangka Gelar Sosialisasi Kepada Pengusaha Depot

Hasilkan Kualitas Air Minum Yang Sehat, Dinkes Bangka Gelar Sosialisasi Kepada Pengusaha Depot

SUNGAILIAT, LASPELA — Guna menghasilkan kualitas air minum yang baik dan sehat untuk masyarakat, Dinkes Bangka menggelar sosialisasi Hygiene Sanitasi Depot Air Minum kepada para pengusaha depot air minum isi ulang dan Sanitarian Puskesmas Kabupaten Bangka, Rabu (22/7/2020)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pengusaha depot untuk terlaksananya praktek penyelenggaraan depot air minum yang melaksanakan kaidah hygiene sanitasi serta perilaku hidup bersih dan sehat.

“Dengan meningkatkan usaha Depot Air Minum (DAM) saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka perlu melakukan pembinaan dan pengawasan kualitas air minum, salah satunya dengan melakukan sosialisasi hygiene sanitasi depot air minum ini,” ujar Then.

Ia juga mengatakan jika saat ini kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap air minum isi ulang dari depot air minum semakin tinggi, karena lebih praktis, hygienis, mudah di dapat dan harganya relatif terjangkau.

Untuk itu, pihaknya berharap agar semua depot air minum khususnya di Kabupaten Bangka dapat memenuhi syarat serta memiliki sertifikat laik, sehingga air yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik serta terhindar dari kemungkinan terkena resiko penyakit Water Borne Disease.

Sementara itu, Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Nora Sukma Dewi mengatakan Hygiene Sanitasi DAMIU yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku bisa mengakibatkan kualitas air minum yang dihasilkan tidak memenuhi syarat khususnya kualitas bakteriogis dan akan menimbulkan gangguan kesehatan yaitu timbulnya penyakit diare, hepatitis dan penyakit lainnya.

“Dari kegiatan ini diharapkan para pengusaha DAMIU mampu menerapkan praktek penyelenggaraan depot air minum dikelolanya, sehingga bisa mengurangi dampak resiko penyakit maupun gangguan kesehatan di masyarakat,” ujar Nora. (mah)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: