Home / BANGKA BELITUNG / Kasus Narkoba Menurun Di Masa Pandemi

Kasus Narkoba Menurun Di Masa Pandemi

Oleh : Dinda Agus Tiantie.

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pangkalpinang, AKBP Ichlas Gunawan mengatakan selama masa pandemi covid19, kasus penyalahgunaan narkoba mengalami trend penurunan.

“Selama terjadi Pandemi Covid-19 ini, secara kasat mata memang terjadi trend penurunan, seluruh aparat, seluruh potensi yang ada didaerah kita ini bergerak diarah kesana, mau tidak mau kita juga lebih ketat untuk ini,” ujarnya, Senin (29/6/2020).

Meski mengalami penurunan trend penyalahgunaan, namun ia mengungkapkan ada sedikit peningkatan suplay. Langkah antisipasi yang sigap pula kata dia yang dapat menggagalkannya.

Langkah antisipasi yaitu dapat berupa kerjasama internasional untuk langkah menggagalkan penyelundupan. Tak hanya persoalan narkoba saja, BNNK juga kata Ichlas sangat ketat dalam pengawasan obat-obatan.

“Temuan kita belum ada, namun kami tetap ketat dalam pengawasan, seperti pengiriman obat-obatan, kami cek hingga ke sasarannya siapa, kita kroscek betul-betul, hingga benar obat-obat itu legal,” ungkapnya.

Ichlas juga mengungkapkan untuk kasus penyalahgunaan narkoba banyak didominasi usia-usia produktif.

“80 persennya di usia-usia produktif, yaitu 40 tahun kebawah,” tutupnya. (dnd)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: