Home / BANGKA BELITUNG / PMI Basel Berhasil Kumpulkan 105 Kantong Darah Segar di Kecamatan Payung

PMI Basel Berhasil Kumpulkan 105 Kantong Darah Segar di Kecamatan Payung

PAYUNG, LASPELA – Aksi sosial donor darah dalam rangka menyambut Hari Donor Darah Sedunia, juga diselenggarakan Palang Merah Indonesia Kabupaten Bangka Selatan (PMI Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan lokasi Aula Kriopanting Payung, Kecamatan Payung.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama lebih kurang 4,5 jam mulai pukul 07.00 Wib hingga 11.35 Wib tersebut, PMI Basel berhasil mengumpulkan sebanyak 105 kantong darah segar dari pendonor dengan beraneka ragam profesi.

Darah yang disumbangkan para pendonor aktif di Kecamatan Payung itu, terdiri dari golongan darah A sebanyak 12 kantong golongan darah B sebanyak 52 kantong, golongan darah O sebanyak 28 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 13 Kantong.

Ketua PMI Basel, M.M Iskandar mengatakan, jumlah pendonor yang mendaftar dalam giat Jumat (26/6/2020) kali ini, sebanyak 118 orang. Namun, karena HB rendah, tensi darah rendah dan lainnya, jadi yang bisa diambil hanya 105 orang pendonor.

Iskandar mengaku bersyukur perolehan donor darah di wilayah PMI Kecamatan Payung ini, jumlahnya cukup banyak. “Alhamdulillah, darah yang kita dapatkan cukup banyak. Terima kasih kepada pendonor yang terdiri dari anggota kepolisian, Aparatur Sipil Negara, aparatur Desa setempat, dan unsur masyarakat lainnya,” ungkap Iskandar didampingi Pelindung PMI Kecamatan Payung, Zainudin, dan Ketua PMI Kecamatan Payung Nelly Nepuspita.

Dalam beberapa bulan terakhir, ditambahkan Iskandar, PMI Basel juga telah berhasil mengumpulkan darah, misalnya di bulan Maret, di walaupun Pademi Covid-19 terkumpul 40 kantong darah, kemudian 70 kantong darah dikumpulkan di kegiatan Hari Jadi Kabupaten Bangka Selatan ke 17 tahun yang dilaksanakan bulan Februari 2020.

“Tangal 26 Juni merupakan jadwal pendonor darah rutin yang sudah hampir 10 tahun diadakan oleh PMI Kecamatan Payung. Kedepan juga akan digelar kegiatan serupa tepatnya 26 September 2020 moment Hari jadi PMI ke-75 Th, dan 26 Desember moment kegiatan hari Relawan PMI,” jelas Iskandar.

PMI Kecamatan Payung, disebutkan Iskandar, menjadi kecamatan teraktif se Bangka Belitung untuk giat donor darah.

Iskandar lebih lanjut mengatakan, dalam aksi donor darah kerja sama dengan PMI Pangkalpinang ini, tetap menerapkan protokol kesehatan, diantaranya mengenakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

Sebagai ucapan terima kasih kepada pendonor, PMI Basel dalam kegiatan tersebut juga memberikan suvenir cantik untuk masing-masing pendonor.

Ke depan, sambung Iskandar, PMI Basel akan memberikan penghargaan kepada pendonor darah aktif, sebagai wujud terima kasih dan apresiasi terhadap para pahlawan kemanusiaan tersebut.rill/(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: