Soal Tambang, Satpol PP Bateng Berikan Sosialisasi di Komplek Eks PT Koba Tin

KOBA, LASPELA– Kepala Satpol PP Bangka Tengah (Bateng), Irwan, memimpin ratusan personil Satpol PP untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang melakukan aktivitas tambang dengan melimbang timah di areal komplek eks PT Koba Tin.

Irwan mengatakan bahwa langkah sosialisasi ini diambil pihaknya dalam rangka untuk menyampaikan kepada masyarakat yang sedang melimbang agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merusak aset pemda yang terdapat di lokasi mereka melimbang tersebut.

“Aset-aset PT Koba Tin ini kan sudah diserahkan ke pemda, tentu kita sebagai aparat tidak boleh membiarkan terus berlangsung, cuma dalam situasi COVID-19 ini kita serba susah juga jikalau mereka cuma istilahnya mengais sisa-sisa, hati nurani kita juga tergeraklah, tapi yang namanya aturan tetap harus ditegakkan,” kata Irwan, Seni (11/5/2020).

Irwan menambahkan bahwa sosialisasi ini merupakan langkah pertama, hasil dari sosialisasi dan mendengar keluh kesah masyarakat ini, akan menjadi bahan pertimbangan yang akan disampaikan ke bupati Bateng untuk mengambil langkah selanjutnya.

“Dari keterangan yang kita dapat tadi, alasan masyarakat melimbang sisa-sisa timah di sini semata-mata untuk menyambung hidup, hasil yang diperoleh pun tidak seberapa, apalagi di musim susah saat COVID-19 ini,” ungkap Irwan.

Irwan mengungkapkan bahwa ia bersama seluruh jajaran Satpol PP Bateng akan tetap rutin melakukan patroli dan sosialisasi ke lokasi-lokasi yang merupakan aset pemda Bateng agar tidak terjadi pengrusakan yang dapat membahayakan jiwa masyarakat atau menyebabkan kerugian aset pemda.

“Aset-aset ini sebenarnya kalau kita jaga kan dapat dimanfaatkan kedepannya untuk pembangunan yang bermanfaat untuk masyarakat, makanya kita harus punya kesadaran untuk menjaga dan merawatnya,” pungkas Irwan.(*)