Galeri PLUT KUMKM Babel Diharapkan Erzaldi Jadi Media Promosi Para Pelaku UMKM

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Galeri Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT-KUMKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diharapkan menjadi wadah atau media untuk mempromosikan, melatih, serta memajukan usaha UMKM Bangka Belitung.

“Selain memajukan bisnis usahanya, para pelaku UMKM juga bisa mengembangkan produknya menjadi produk yang benar-benar diminati dan disukai oleh masyarakat,” kata Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

Pernyataan itu dikatakan Erzaldi saat meresmikan Galeri PLUT-KUMKM Babel bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Babel, Melati Erzaldi di Kantor PLUT-KUMKM Babel, Jumat (1/5/2020) siang.

Lebih lanjut, Erzaldi mengatakan di galeri inilah terjadi konsolidasi dan usaha memajukan UMKM Babel. Ia yakin dengan adanya galeri ini dapat memajukan usaha UMKM yang baru berkembang maupun yang sudah lama berkembang.

“Ke depan, galeri ini akan dikembangkan agar lebih menarik dengan membuat kafe atau tempat pertemuan masyarakat seperti fasilitas olahraga, sehingga menjadi pusat keramaian masyarakat. Dengan menjadikan pusat keramaian dengan sendirinya masyarakat akan datang ke galeri PLUT ini dan ujungnya adalah meramaikan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Erzaldi juga mengimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemprov Babel untuk berbagi dan membantu memajukan UMKM dengan membeli produk-produk UMKM Babel di tempat ini.

Terkait sektor UMKM yang paling terkena dampak mewabahnya Covid-19, dan untuk mengatasinya pemerintah pusat dan pemda telah mengambil langkah kebijakan.

“Presiden RI Joko Widodo telah mencanangkan tahun 2020 dan 2021 sebagai tahun recovery. Oleh sebab itu, para pelaku UMKM diminta untuk menginput data. Melalui data ini pemerintah akan mengambil kebijakan untuk membangkitkan sektor UMKM,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi mengajak masyarakat untuk datang dan membeli produk UMKM Babel.

“Saya yakin setiap masyarakat yang datang akan merasa puas karena bukan hanya makanan yang telah tersertifikasi, tetapi juga hasil kerajinan menarik asli Babel juga ada di galeri PLUT ini,” ungkapnya.

Ikut hadir Kepala Dinas KUMKM Babel, Elfiyena, Kepala PLUT-KUMKM Babel, Junaidi, Kabid Pengembangan Sumber Daya Fasilitasi Akses Industri Disperindag Babel, Subekti Saputra, dan jajaran PLUT-KUMKM Babel serta Dekranasda Babel.(wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: