Home / BANGKA BELITUNG / Anggaran Desa Dialihkan Untuk Penanganan Wabah Covid-19

Anggaran Desa Dialihkan Untuk Penanganan Wabah Covid-19

BANGKA BARAT, LASPELA–  Kepala Desa Belo Laut Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat, Ibnu mengatakan bahwa mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Bangka Barat, pihaknya telah diinstruksikan untuk membentuk relawan.

” Kite bentuk relawan sesuai dengan surat edaran dari Bupati, menindaklanjuti dari kementerian, petunjuk desa untuk tanggap covid-19. Sudah kita rapatkan dengan BPD kemarin dan tokoh yang mewakili tiap dusun untuk dibentuk relawan Covid19,” ujar Ibnu.

Ibnu menyampaikan bahwa relawan tersebut bekerja dibawah koordinator masing-masing dusun dan telah disetujui BPD dalam penganggaran biaya yang akan dikeluarkan nantinya.

” Hasil rapat kemarin kita bentuk relawan, tokoh dari tiap dusun sebagai perwakilan rapat kemarin juga setuju Per-kadus diserahkan koordinir masing-masing wilayah, sesuai tugas relawan. BPD juga menyetujui, kita kan bahas anggaran dan kita ikuti sesuai petunjuknya,” sambung Ibnu.

Lebih jauh dikatakan Ibnu mengenai anggaran desa yang akan digunakan nantinya sudah melalui mekanisme dan aturan yang telah ditetapkan dan juga sepakat mengalihkan anggaran untuk kegiatan yang batal dilaksanakan kepada penanganan wabah Covid-19.

Ia juga berharap masyarakat yang terdata dalam relawan nantinya akan dapat bekerja maksimal dan bersinergi dengan Pemerintah mengingat tugas relawan yang berat dan tanpa insentif.

” Dana desa tersebut yang pasti nanti untuk jaga, APD masyarakat, seperti masker, beli cairan desinfektan, sweeping ke warga, ODP segala macam, kita pantau semua itu. Itulah tugas relawan, dan ini terdata. Namun, relawan tidak bisa dianggarkan insentifnya, paling hanya makan minum saja,” tukasnya.

” Kepada masyarakat, untuk menjaga kesehatan, kurangi aktivitas melibatkan orang banyak seperti kumpul-kumpul, kalau lagi berada di luar daerah, jangan masuk dulu, sementara belum dalam keadaan kondusif, menahan dirilah intinya,” imbaunya.(is)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: