Home / BANGKA BELITUNG / Satu Pasien Positif Corona di Belitung, Erzaldi : Harus Tetap Waspada

Satu Pasien Positif Corona di Belitung, Erzaldi : Harus Tetap Waspada

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Melalui video conference, Gubernur Erzaldi Rosman bersama Kepala Gugus Tugas, Mikron Antariksa menyampaikan informasi yang terbaru mengenai kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Babel. Pada Senin (30/03/2020), satu orang di Belitung telah dinyatakan positif Covid-19.

“Pada hari ini telah terdapat hasil dari Balitbangkes Pusat, Pasien 034, laki-laki berusia 54 tahun dengan hasil positif Covid-19 di Kabupaten Belitung. Merupakan pasien dari Rumah Sakit Marsidi Judono Belitung,” kata Erzaldi.

Dari sejumlah 23 orang PDP lainnya yang dinyatakan negatif sebanyak 10 orang hingga 29 Maret dan sisanya masih menunggu hasil. Saat ini, pasien 034 tersebut sudah diisolasi bersama sang anak di Rumah Sakit Belitung, sembari menunggu hasil laboratorium sang anak.

Setelah mendapat informasi tersebut, pemprov dengan segera melakukan kontak tracing pasien, dan mengirimkan rapid test sebanyak 300 unit yang akan digunakan kepada orang-orang yang telah melakukan kontak dengan pasien.

“Sudah kami sampaikan kepada bupati untuk segera mengambil langkah-langkah setelah kontak tracingnya di dapat. Orang-orang tersebut dimasukan kedalam kamar pengawasan dan menjadi ODP, Bupati Belitung telah menyiapkan sebanyak 300 kamar,” ungkapnya.

Dengan adanya berita ini, Erzaldi menginstruksikan kepada masyarakat Babel agar menjadi lebih waspada, karena pemerintah perlu berjuang bersama masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan cara mematuhi protokol yang telah ditetapkan oleh WHO.

“Kita berharap masyarakat Bangka Belitung agar lebih waspada dan ikutilah apa yang sudah menjadi protokol Covid-19 ini, terutama untuk tetap tinggal di rumah. Kalau tidak perlu-perlu sekali tolong jangan keluar rumah,” jelas Erzaldi.

Pemprov mengambil langkah untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja dengan melaui online di berbagai fasilitas umum seperti pasar, mal, dan restoran. Untuk restoran, masyarakat Babel dianjurkan tidak membeli makanan untuk makan di tempat, namun untuk dibawa pulang ke rumah demi mewaspadai kesehatan pribadi dan meminimalisir terjadinya kontak dengan orang lain.rill/(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: