Home / BANGKA BELITUNG / Capai Pertumbuhan Ekonomi Diatas Provinsi Babel, Mulkan : Untuk Mencapai Indikator Harus Ada Langkah Tepat

Capai Pertumbuhan Ekonomi Diatas Provinsi Babel, Mulkan : Untuk Mencapai Indikator Harus Ada Langkah Tepat

SUNGAILIAT, LASPELA — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka menggelar rapat paripurna terkait penyampaian Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bangka, Senin (30/3/2020).

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh ketua DPRD Bangka, Iskandar dan dihadiri oleh Bupati Bangka, Mulkan dan 23 anggota dewan lainnya.

Bupati Bangka Mulkan menyampaikan bahwa pembangunan sosial ekonomi Kabupaten Bangka pada tahun 2019 telah memperlihatkan kemajuan yang sangat progresif pada pencapaian beberapa indikator pembangunan makro ekonomi dan telah berhasil melampaui target di atas level provinsi Babel bahkan Nasional.

Torehan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bangka pada tahun 2019 lalu mencapai 4,37 persen, angka ini berada di atas level pertumbuhan ekonomi provinsi Babel yang tumbuh hanya sekitar 3.32 persen.

Hal demikian, kata Mulkan, tak lepas dari kerjasama dari semua sektor terutama DPRD Bangka yang mengesahkan anggaran.

“Ini kan harus ada kerjasama terutama dari pihak DPRD dari bidang penganggaran, karena untuk mencapai indikator otomatis harus didukung oleh anggaran dan juga harus disetujui oleh DPRD. Kalau pemerintah bekerja sendiri tidak mungkin bisa mengatasi,” terangnya.

Selain itu, Mulkan juga menjelaskan bahwa untuk mencapai sebuah indikator harus adanya langkah yang tepat.

“Kita ini kan harus ada perencanaan kerja yang benar-benar tepat apa yang harus kita perbuat dan apa yang harus kita lakukan, bahwa dalam perencanaan ini adalah harus adanya suatu pemfokusan, misal dalam setahun ini apa sih yang harus kita fokuskan apakah angka pengangguran atau kemiskinan kita, makanya harus ada langkah yang tepat,” jelasnya.

Pada tahun 2019, Pemkab Bangka berhasil mencapai target yang meliputi pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan, penurunan angka kemiskinan, pemerataan pendapatan, indeks pembangunan manusia, dan indeks persepsi masyarakat.(mah)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: