Home / BANGKA BELITUNG / Status ODP di Kabupaten Bangka Tambah Delapan Orang

Status ODP di Kabupaten Bangka Tambah Delapan Orang

BELINYU, LASPELA —  Sebanyak delapan orang penumpang KM Bukit Raya dari Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu, Jumat (27/3/2020) sore.

Dari delapan penumpang tersebut enam diantaranya merupakan warga Kecamatan Belinyu dan dua orang warga Kecamatan Sungailiat.

Juru bicara Pemkab Bangka penanganan Covid-19, Boy Yandra mengatakan kini delapan penumpang tersebut berstatus sebagai Orang Dalam Pantauan (ODP).

“Para penumpang ini langsung kita periksa suhu tubuhnya, kemudian disemprot dengan cairan disinfektan, kita antisipasi dan waspada karena mereka (penumpang-red) pulang dari daerah zone merah,” ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan suhu tubuh, kedelapan penumpang tersebut tidak ditemukan yang melebihi dari 38°C, namun pihaknya mengatakan akan terus melakukan pemantauan melalui tim surveilans dari masing-masing puskesmas.

“Tadi sudah dicek suhunya, ada yang 36°C, ada yang 33°C, insyaAlllah suhunya normal. Kalau diatas 38°C kita langsung ke puskesmas terlepas itu Covid-19 atau bukan. Nanti kan di puskesmas ada form yang harus diisi dan petugas puskemas tahu ini mengarah kemana,” jelasnya.

Selain itu, kata Boy Yandra, di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu ini juga terdapat dua bilik disinfektan yang dimaksudkan agar para penumpang yang masuk ke wilayah Bangka benar-benar steril.

“Standartnya satu, tapi kita siapkan dua bilik karena ini untuk antispasi. Karena Bangka ini statusnya masih hijau, ini adalah upaya kita untuk memutuskan mata rantai dari Covid-19 jika memang ada, makanya kita perketat penyemprotan di Pelabuhan ini,” katanya.

Setelah diperiksa dan di semprot dengan cairan disinfektan, delapan penumpang ini akan langsung diantar kerumah masing-masing dengan menggunakan mobil ambulan. (mah)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: