Aliansi Cegah Corona Babel Semprot Cairan Disinfektan di Masjid An-Nur Koba

KOBA, LASPELA- Aliansi Cegah Corona Bangka Belitung (Babel) menerjunkan beberapa simpatisannya melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Masjid An-Nur Koba sebagai langkah pencegahan penularan Coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Ketua Aliansi Cegah Corona Babel, Weni, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif mereka sendiri mengingat penyebaran COVID-19 yang sudah mewabah, ia menyampaikan bahwa timnya melakukan penyemprotan pada semua area masjid seperti ruangan salat, pegangan tangga, menggunakan air desinfektan tersebut.

“Kita berinisiatif bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, untuk melakukan penyemprotan disinfektan ini ke tempat ibadah dan fasilitas publik lainnya,” kata Weni, Senin (23/3/2020).

Menurut Weni, sampai saat ini Provinsi Babel belum ada kasus positif COVID-19, namun langkah pencegahan dan kewaspadaan tetap harus dilakukan, kegiatan ini rencananya akan rutin dilakukan dua kali dalam satu minggu.

Anggota DPRD Bateng, Apri Panzupi, yang berada di lokasi saat penyemprotan terjadi, mengatakan bahwa ia mengapresiasi kegiatan ini, ia berharap bahwa dari kegiatan ini bisa menjadi langkah awal untuk menerapkan pola hidup sehat bersama, yang sesuai dengan imbauan pemerintah pusat terkait COVID-19.

“Tentu kami sebagai masyarakat dan anggota DPRD Bateng merasa berkewajiban untuk mengambil peran sesuai dengan kemampuan yang kami miliki,” ungkap Apri.

Apri menceritakan bahwa beberapa waktu yang lalu muncul petisi bagaimana masyarakat memutuskan mata rantai penularan COVID-19 di Babel, dengan mengimbau gubernur Babel dan Ketua DPRD Babel untuk benar-benar memperhatikan arus lalu lintas orang dari luar Babel yang masuk ke Babel.

“Kita meyakini bahwa covid 19 di Babel masih negatif, oleh karena itu kita mendorong stakeholder terkait untuk menerapkan kebijakan yang benar-benar melakukan pengawasan ekstra ketat tentang arus lalu lintas orang yang masuk ke Babel,” kata Apri.

Apri menjelaskan bahwa aksi nyata yang dilakukan pada hari ini merupakan buah dari kerjasama antara karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Dinas Kesehatan Bateng, setelah pagi tadi (23/3/2020) sudah melakukan pengarahan di Dinkes Bateng terkait teknis penyemprotan dan SOP penyemprotan yang dibantu oleh Dinkes Bateng.

“Setelah dari Kelurahan Koba kita akan bergerak ke Kelurahan Simpang Perlang, Berok, Padang Mulia, dan sekitarnya, kami ingin memberikan edukasi ke masyarakat, bahwa banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah COVID-19 di Babel,” pungkas Apri.(*)