DONE

Home / Kumpulan Berita Bangka Belitung / NEWS / PANGKALPINANG

Selasa, 3 Maret 2020 - 18:20 WIB

Dampingi Dinas Pangan, BPS Babel Ajak Isi Sensus Online

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Tim Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bangka Belitung (Babel) mendatangi Dinas Pangan Bangka Belitung terkait Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020.

Kedatangan tim yang dipimpin Kabid Produksi BPS, Hadi Suroso, diterima langsung oleh kepala dinas beserta pegawai Dinas Pangan Babel di ruang rapat, Senin (2/3/2020).

Dalam kesempatan ini, Hadi Suroso memaparkan langkah-langkah dalam proses pengisian SP Online. Ia juga mengajak pegawai dinas pangan untuk “ngibar” yaitu ‘ngisi bareng-bareng’ SP Online. Tujuannya adalah agar dapat melakukan proses pengisian secara langsung dengan pendampingan.

“Perlunya kita melakukan update sensus penduduk secara online tidak lain adalah untuk mengatasi responden yang tidak tersentuh oleh petugas sensus. Kemudian membangun budaya baru di masyarakat, masyarakat dilibatkan sebagai subjek, literasi masyarakat terhadap teknologi informasi yang semakin baik, tersedianya infrastruktur jaringan internet di hampir semua desa di Indonesia, proses edukasi masyarakat, serta memudahkan masyarakat dengan memberikan berbagai pilihan cara untuk berpartisipasi dalam sensus,” kata Hadi Suroso.

“Proses pengisian sensus penduduk ini kami lakukan dengan dua metode yakni melalui metode sensus online dan metode wawancara dengan mendatangkan petugas ke rumah-rumah secara langsung,” lanjutnya.

Ia menyampaikan, update sensus penduduk dilakukan secara berkala setiap 10 tahun sekali. Sensus terakhir dilakukan pada tahun 2010 secara manual. “Dengan sistem jemput bola, proses pengisian SP Online diharapkan dapat mengingatkan pegawai di tiap SKPD untuk segera mengisi sensus online,” ujarnya.

Di akhir sosialisasi, Tim BPS juga mengingatkan bahwa batas waktu pengisian sensus penduduk secara online terhitung sejak tanggal 15 Februari s.d 31 Maret 2020.

Sedangkan bagi penduduk yang tidak mendaftarkan secara online, akan didatangi petugas dari BPS secara langsung ke rumah pada periode tanggal 1 sampai 31 Juli 2020.(wa)

Share :

Baca Juga

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Dinas Pangan Meriahkan Lomba Senam Bedincak Piala Gubernur

KABUPATEN BANGKA

238 Pendaftar CPNS di Bangka Tidak Lulus Seleksi Administrasi

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Rio : Ada Atau Tidaknya Indomaret, Itu Tergantung Kepala Daerahnya

HEADLINE

Besok, Event AMPG Babel Drag Bike & Drag Race 2022 Digelar

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Pemprov Babel Gelar Shalat Istisqo

HEADLINE

Resmi Jabat Kadinpanpertan Bangka, Syarli Fokus Tangani Dua PR Besar

ADVERTORIAL

M Irwansyah Janjikan Perbaikan Pelayanan Publik 

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Pengerit Kuasai SPBU Kapolsek Namang Terkesan Tutup Mata
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: