Mulyono Berikan Pesan pada Masyarakat Agar Tak Tertular Virus

Oleh : Dinda Agus Tiantie.

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung (Babel) Mulyono menyampaikan pesan kepada masyarakat, agar masyarakat tidak tertular virus apapun, dengan cara menerapkan 4 poin ini.

Pertama, hindari tempat-tempat ramai dan padat, seperti didalam Bis umum, di Pasar, dan lainnya, jika pun terpaksa berada dikeramaian, hendaknya harus menggunakan masker.

“Karena percikan bersin itu paling tidak nyampai 1 meter, untuk itu jika kita ditempat keramaian maka berpotensi tertular,” ungkapnya. Jumat (21/2/2020).

Kedua, etika batuk, Mulyono mengungkapkan untuk jangan batuk sembarangan.

“Karena jika kita batuk dan mengeluarkan liur, virus di air liur kita itu dapat bertahan 5 hingga 10 menit dan sudah menularkan ke orang disekitar kita,” tuturnya.

Ketiga, mencuci tangan setelah menyentuh benda apapun disekitar kita, dan jangan menyentuh mata, mulut dan hidung.

“Karena virus itu masuk ke membran melewati Mat, mulut dan hidung,” jelasnya.

Dan keempat pengunaan masker yang tepat. Sebelum menggunakan masker kita juga harus tahu jika masker berpotensi menularkan virus jika penggunanya memakai dan melepas maskernya terlalu sering.

“Buka tutup, buka lagi tutup lagi dan malah kena tangan kita yah kena, itu malah lebih berpotensi dapat menularkan virus, jadi dilarang menggunakan masker jika kita tidak tahu,” katanya. (dnd)