Home / BANGKA BELITUNG / Soleh : Ujian Nasional 2020 Terakhir, Diganti Asesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter

Soleh : Ujian Nasional 2020 Terakhir, Diganti Asesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 Jenjang SMA/SMK/SLB se-Bangka Belitung selama tiga hari, mulai dari tanggal 17-19 Februari 2020 yang diselenggarakan di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Selasa (18/2/2020).

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Bangka Belitung, Muhammad Soleh ini mengatakan UNBK Tahun 2020 merupakan UNBK yang dilaksanakan terakhir kalinya dan akan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter.

Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.

“Literasi bukan hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka,” ujarnya.

Selain itu, Ia menyebutkan walaupun pelaksanaan UN 2020 terakhir dilaksanakan, try out ujian nasional akan tetap diberikan oleh siswa, mengingat manfaatnya yang penting bagi siswa agar dapat mempersiapkan ujian dengan hasil yang baik dan optimal.

Tahun ini, jadwal UNBK jenjang SMK dimulai tanggal 16-19 Maret 2020, jenjang SMA/MA tanggal 30 Maret-2 April 2020, UNBK Susulan SMK/SMA/MA tanggal 7-8 April 2020, jenjang SMP/MTs tanggal 20-23 April 2020, UNBK Susulan SMP/MTs tanggal 29-30 April 2020.

“Prestasi ujian nasional tahun ini, harus dipertahankan dengan hasil yang sangat luar biasa dan tidak menemukan pelanggaran yang dapat terhambatnya pelaksanaan UN,” ungkapnya.

Hal ini mengingat tahun demi tahun prestasi UN Bangka Belitung di tingkat nasional, mendapatkan hasil yang sangat membanggakan, terlebih di tahun 2018.

“Jenjang SMA mendapatkan peringkat 12 di tingkat nasional, jenjang SMK mendapatkan peringkat tujuh di tingkat nasional, dan tahun 2019 jenjang SMA/SMK mendapatkan peringkat lim di tingkat nasional,” jelasnya.

Hadir dalam Kegiatan Rakor Persiapan UN ini yakni perwakilan dari LPMP Bangka Belitung, Kepala Kemenag Bangka Belitung, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I,II,II dan IV Bangka Belitung, Kepala Bidang SMA/SMK/GTK dan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Bangka Belitung, Kasi Kurikulum dan Penilaian SMA/SMA/GTK dan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Bangka Belitung, Ketua MKKS SMA/SMK/PK, serta 41 orang peserta rakor.(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: