Home / BANGKA BELITUNG / Sebagai Bentuk Penghormatan Terhadap Pahlawan 12, PRASMANBAR Gelar Doa Bersama dan Tabur Bunga

Sebagai Bentuk Penghormatan Terhadap Pahlawan 12, PRASMANBAR Gelar Doa Bersama dan Tabur Bunga

Oleh : Mahfur Wartawan Laspela

MENDO BARAT, LASPELA — Sebagai bentuk penghormatan dan rasa cinta terhadap para pejuang pahlawan 12, Generasi muda yang tergabung dalam Pramuka SMAN 1 Mendo Barat (PRASMANBAR) melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan makam, tabur bunga dan gelar doa bersama di tugu makam pahlawan 12, Jumat (14/2/2020).

Perjuangan heroik yang terjadi pada tanggal 14 Februari 1946 atau 74 tahun yang lalu terjadi lewat pertempuran dikawasan Bukit Mat Andil KM 12 Desa Petaling Kecamatan Mendo Barat menyebabkan gugurnya 12 syuhada bangsa saat mempertahankan kemerdekaan dari tentara sekutu dan NICA.

Dari 12 syuhada yang meninggal dunia tersebut merupakan pasukan berani mati dari Tentara Rakyat Indonesia yang kemudian dikenang sebagai Pahlawan 12.

Ketua pelaksana, Fauzi Alvi, mengharapkan dengan digelarnya kegiatan tersebut, para generasi muda tidak melupakan sejarah perjuangan para pahlawan 12 yang terjadi pada 74 tahun silam.

“Kegiatan acara ini dimulai dengan berjalan kaki dari sekolah menuju tugu dan makam pahlawan 12, itu kami lakukan dalam rangka mengenang dan menghormati perjuangan Pahlawan 12. Dan juga melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda tidak melupakan sejarah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga mengharapkan dengan digelarnya kegiatan tersebut mampu menumbuhkan jiwa semangat dan rasa cinta khususnya bagi siswa SMAN 1 Mendo Barat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Peristiwa bersejarah itu tidak jauh dari sekolah kami, SMAN 1 Mendo Barat. Sudah sepatutnya selaku generasi muda Mendo Barat kami melakukan kegiatan yang bisa meningkatkan semangat dan cinta tanah air seraya mendoakan agar segala perjuangan yang telah dilakukan oleh pahlawan negeri ini mendapat balasan pahala surga dari Allah SWT,” pungkas Fauzi. (mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: