Home / BANGKA BELITUNG / Soal Pendangkalan Alur Muara Air Kantung, Pemkab Bangka Akan Paparkan Ke Pemerintah Pusat

Soal Pendangkalan Alur Muara Air Kantung, Pemkab Bangka Akan Paparkan Ke Pemerintah Pusat

SUNGAILIAT, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dalam waktu dekat ini akan melakukan pemaparan ke pihak pemerintah pusat terkait pendangkalan Alur Muara Air Kantung Sungailiat yang menjadi polemik bagi masyarakat khususnya para nelayan.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan menteri Kelautan dan Perikanan, Edi Prabowo beberapa hari lalu untuk membicarakan hal tersebut.

“Kami sudah bertemu langsung dengan pak Edi di Jakarta kemarin, dan dalam waktu dekat ini kami akan segera melakukan pemaparan terkait pendangkalan alur muara air kantung ini. Jadi nanti berapa dana yang dibutuhkan kita akan paparkan semuanya, dan juga dana pendampingan baik dana dari provinsi maupun kabupaten,” ungkapnya.

Namun demikian, pihaknya masih mengkaji dan belum bisa memutuskan apakah adanya kerjasama dengan pihak ketiga.

“Nanti kita lihat seperti apa perkembangannya, tetapi persoalan ini kita harus selesaikan bersama-sama baik dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi ataupun Pemerintah daerah untuk mengatasi pendangkalan. InsyaAllah tahun ini pemerintah pusat yang akan menganggarkan,” jelasnya.

Sebelumnya, anggota komisi I DPR RI, Rudianto Tjen menginginkan agar siapa saja yang melakukan pengerukan alur muara tersebut harus memiliki perencanaan yang matang sehingga dapat meminimalisir terjadinya pendangkalan.

“Saya pikir dengan kemajuan teknologi sekarang ini bisa dimanfaatkan, kita harus punya perencanaan yang matang, jangan pagi kita keruk terus malam nutup lagi alurnya, jadi kita harus punya perencanaan yang komprehensif kalau bisa, kita keruk sekarang setahun lagi baru kita keruk,” harap Rudianto.

Pihaknya juga siap membantu untuk melobi pemerintah pusat untuk mengucurkan dana dalam pengerukan alur muara tersebut.

“Kalau puluhan miliar untuk urusan rakyat saya pikir itu bisa, tinggal siapkan saja proposalnya nanti akan kami sampaikan ke kementrian. Jadi kita minta bantuan dari pusat untuk mengeruk alur muara ini,” tandasnya.(mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: