Home / BANGKA BELITUNG / Molen : Jika Jadi, Imbasnya Akan Besar Untuk Babel

Molen : Jika Jadi, Imbasnya Akan Besar Untuk Babel

Oleh : Dinda Agus Tiantie.

PANGKALPINANG, LASPELA – Perencanaan pembangunan Pelabuhan yang berlokasi disekitar jembatan emas semakin diyakini Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) akan terlaksana.

Ia menuturkan jika adanya Pelabuhan ini akan besar imbasnya di Bangka Belitung salah satunya dalam menekan inflasi.

“Selain inflasi, pertumbuhan ekonomi pun akan naik, bayangkan satu harinya saja pelabuhan ini airnya saja 300 ton baru air saja, belum pajak retribusinya dan lainnya,” katanya saat melakukan peninjauan ke Newport Pelabuhan Pangkal Balam, Kamis (13/2/2020).

Ada sekitar 30 hektar lebih yang siap diberdayakan Pemkot untuk Pelabuhan ini. “Namun tidak semuanya, paling akan ada 4 hektar, artinya dengan ini kita harus berjuang untuk meyakinkan Kementrian Perhubungan RI,” katanya.

Untuk pendanaan sendiri, lanjutnya Pembangunan Newport Pelabuhan Pangkal Balam ini bukan menggunakan dana Kota Pangkalpinang, Pemkot Pangkalpinang hanya menggunakan Rp500 juta untuk pancingan, untuk membuat DED (Detail engineering desain) dan FS (Fasebility Studi).

“Untuk canangnya selanjutnya kita akan cari investor untuk pengerjaanya,” katanya.

“Namun untuk awalnya ini kita minta bantuan dulu dari Kementrian mungkin Rp20 hingga Rp30 miliar pun ini sudah oke,” lanjutnya.

Sementara itu, dengan adanya Newport Pelabuhan Pangkal Balam yang baru ini nantinya, tidak akan menggangu operasi Pelabuhan Pangkal Balam yang lama.

“Pelabuhan Pangkal Balam yang lama, bisa kita jadikan untuk wisatawan, untuk kapal-kapal kecil, jadi masih berfungsi,” tuturnya. adv / (dnd)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: