Harga Ikan Laut di Beltim Kembali Normal

Oleh : Wahyu Fajarullah

GANTUNG, LASPELA – Gelombang tinggi menjadi penyebab nelayan tak berani melaut dan berimbas harga ikan laut sempat menyentuh harga 40 ribu per kg, sekarang harga ikan kembali normal, Minggu (2/2/2020).

Cuaca extrem menjadi penyebab banyak nelayan tak berani untuk melaut, imbasnya harga ikan menjadi tinggi, Salah satunya sudah hampir satu bulan ikan kerisi yang sempat menyentuh harga 40 ribu per kg.

Rustap (36) salah satu penjual ikan laut di pasar gantung mengatakan ketika gelombang tinggi banyak nelayan tak melaut, ini berakibat harga ikan sempat menyentuh 40 ribu per kg.

“Waktu gelombang tinggi harga ikan pasti naik, karena banyak nelayan tak melaut, kemarin hampir sebulan harga ikan 40 ribu sekilo,”ungkapnya.

Sekarang harga ikan sudah kembali normal ini diakibatkan nelayan sudah banyak yang melaut lagi, Rustap yang sudah 2 tahun lebih menjadi pedagang ikan di pasar Gantung ini menjelaskan kalau harga ikan sudah beberapa hari sudah kembali normal dengan harga 25 ribu per kg.

“Kalau sekarang 25 ribu sekilo (ikan kerisi), sudah beberapa hari sudah turunnya, kalau ikan yang lain juga sudah turun, la banyak nelayan turun,”jelasnya.

Hampir semua masyarakat Belitung Timur mengkosumsi ikan laut dibanding ikan air tawar dan ayam ternak, ini dikarenakan harga ikan tawar dan ayam ternak lebih tinggi ketimbang harga ikan laut, harga ayam ternak sendiri dibandrol dengan harga 50 ribu per kilogramnya.(wah)