Home / BANGKA BELITUNG / Demi Menambah Wawasan, Forkom Pokdarwis Bateng kunjungi Dusun Pentingsari

Demi Menambah Wawasan, Forkom Pokdarwis Bateng kunjungi Dusun Pentingsari

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA- Forum Komunikasi (Forkom) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) BangkaTengah (Bateng) melakukan kunjungan ke Desa Wisata Dusun Pentingsari, Kecamatan Cangkringan, Jogjakarta.

Ketua Forkom Pokdarwis Bateng, Basrin, mengatakan bahwa kunjungan ke Dusun Pentingsari selama 4 hari ini untuk belajar tentang pengelolaan pariwisata berbasis desa, Basrin menyampaikan bahwa Dusun Pentingsari merupakan salah satu dari 4 Green Destination tingkat dunia, 4 green destination di Indonesia tersebut antara lain Pentingsari, Langgeran, Penglipuran, dan Pemutaran di Bali.

“Kami kunjungan untuk menambah wawasan anggota pokdarwis se Bateng, serta belajar ke Dusun Pentingsari yang memiliki alam dan budaya yang indah, serta kreatifitas yang tinggi,” kata Basrin.

Ketua Pokdarwis Dusun Pentingsari, Doto, mengatakan bahwa Dusun Pentingsari memiliki wilayah seluas 100 hektar yang terdiri 4 Rt ini mengembangkan pengelolaan kopi, jamur, tanaman herbal, pertanian, peternakan, budaya daerah, serta seni musik tradisional.

“Dusun Pentingsari mengangkat pariwisata berbasis desa, mempertahankan budaya, adat istiadat dan kebiasaan sesa yang tujuannya untuk meningkatkan perekonomi,” ungkap Doto.

Ketua kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKM) Gempita Desa Kurau, Asnawi, menyampaikan bahwa setelah kunjungan tersebut pihaknya segera berkoordinasi dengan Pokdarwis Desa Kurau untuk membentuk wadah induk pengelolaan paket wisata Desa Kurau.

“Kami akan terapkan apa yang kami pelajari di sini, kami akan menyesuaikan dengan karakter yang ada di Desa Kurau, seperti paket wisata hutan bakau, pulau ketawai hingga pantai kurau,” ujar Asnawi.(*)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: