Home / BANGKA BELITUNG / Penyandang Disabilitas Bantu Perkembangan Pariwisata Bangka Pasca Tambang

Penyandang Disabilitas Bantu Perkembangan Pariwisata Bangka Pasca Tambang

SUNGAILIAT, LASPELA — Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungaliat Bangka menggelar seminar terkait hasil penelitian Dosen Yang Gusti Feriyanti dan Herwan berjudul “Pengembangan Potensi Produk Lokal Penyandang Disabilitas dalam Industri Pariwisata Daerah Kecamatan Belinyu Bangka”. Rabu (15/1/2020)

Dalam pemaparannya, Herwan mengatakan bahwa hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk lokal yang dihasilkan oleh para penyandang disabilitas dapat dipromosikan melalui pasar wisata.

“Pengembangan potensi produk lokal yang dihasilkan oleh penyandang disabilitas dapat dikembangkan melalui industri pariwisata dengan memberikan kesempatan bagi disabilitas untuk menghasilkan, memperkenalkan serta mempromosikan produk-produk yang menjadi andalan wisata melalui pasar wisata sehingga menjadi produk yang diminati wisatawan domestik dan mancanegara,” jelasnya.

Kendati demikian, ia juga mengatakan dalam penelitian tersebut juga ditemukan fakta-fakta lainnya yakni upaya-upaya yang dilakukan oleh stakeholder dalam mempromosikan produk-produk unggulannya belum dijalankan secara maksimal, seperti produk tersebut memiliki potensi nilai jual yang dapat membuka kesempatan sebagai usaha untuk kemandirian mereka.

Sementara itu, Ketua Stisipol Pahlawan 12, Darol Arkum mengharapkan agar penelitian tersebut bisa menjadi kajian ilmiah yang berbasis masyarakat.

“Melalui riset awal ini kita mengharapkan agar dapat menjadi bentuk kajian ilmiah sekaligus penelitian berbasis pengabdian Kepada masyarakat,” ujarnya.

Darol juga menyebutkan bahwa, tujuan riset yang dilaksanakan tersebut dapat menggugah kesadaran Pemerintah Daerah tentang pentingnya pemberdayaan potensi dari penyandang disabilitas.

“Tujuan utama riset ini adalah menggugah kesadaran Pemerintah Daerah dan masyarakat tentang pentingnya pemberdayaan potensi keterampilan yang dimiliki penyandang disabilitas sehingga dapat menunjang sektor pariwisata sebagai salah satu sektor andalan Bangka Belitung sebagai bentuk transformasi era tambang,” tutupnya. (mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: