Home / BANGKA BELITUNG / KPU Bateng Akan Jaring PPK dan PPS Secara Terbuka

KPU Bateng Akan Jaring PPK dan PPS Secara Terbuka

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah menegaskan akan merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan secara terbuka dan transparan.

Perekrutan ini dimaksudkan untuk menghadapi pemilihan kepala daerah tahun 2020 di Bangka Tengah.

Komisioner Divisi Teknis Perencanaan dan Data, Marhaendra Yuliansah, mengatakan bahwa KPU Bateng akan merekrut orang- orang yang tidak terindikasi memilki kepentingan- kepentingan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di Bateng.

“Kami akan bersikap terbuka saat proses penyeleksian, dan masyarakat dapat mengawal proses tersebut, dan Bawaslu juga akan mengontrol proses perekrutan PPK ini,” kata Marhaendra, Kamis (16/1/2020).

Marhaendra menambahkan bahwa pihaknya mempersilahkan masyarakat dan juga wartawan untuk turut memberikan masukan terkait calon PPK yang terindikasi tidak netral untuk didalami lebih lanjut.

“Kalau ada buktinya berikan kepada kami, dan kami akan mendalami calon tersebut sedalam- dalamnya, kami menginginkan anggota PPK yang tidak memihak ke salah satu calon,” ungkap Marhaendra.

Komisioner KPU Bateng Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Hendra Sinaga, mengatakan bahwa model ujian saat perekrutan PPK adalah ujian tertulis, dan materi pertanyaan sudah ada ketentuannya berdasarkan PKPU.

“Materi pertanyaan sudah ada ketentuannya, seperti terkait tugas, wewenang, dan kewajiban, intinya kami membuat soal terkait PKPU ini, dan tes tertulis tersebut tidak menggunakan sistem CAT, namun tes tertulis manual,” pungkas Hendra.(*)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish