Home / BANGKA BELITUNG / BPS Rilis Angka Kemiskinan di Bangka Barat Menurun

BPS Rilis Angka Kemiskinan di Bangka Barat Menurun

Oleh : Indriani Sari

BANGKA BARAT, LASPELA– Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangka Barat menyatakan angka kemiskinan di Kabupaten Bangka Barat di tahun 2019 mengalami penurunan. Ini menandakan masyarakat mengalami perekonomian yang lumayan baik.

Kepala BPS Bangka Barat, Zarnubi menerangkan data orang miskin di Bangka Barat di tahun 2019 sejumlah 5.650 jiwa atau persentase 2,67%. Angka ini jauh lebih baik dari tahun 2018 yakni berjumlah 6.350 jiwa atau 3,05%.

Berdasarkan data ini pula kata Zarnubi menempatkan Bangka Barat satu-satunya daerah yang mengalami penurunan angka kemiskinan paling tinggi se Bangka Belitung.

“Persentase penduduk miskin Kabupaten Bangka Barat pada tahun 2019 merupakan kabupaten dengan tingkat kemiskinan paling rendah di antara kabupaten dan kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ungkap Zarnubi saat melakulan audiensi dengan Bupati Markus di kantor Bupati Bangka Barat, Selasa (31/12/2019).

Ia memaparkan pada tahun 2019 ini pendapatan perkapita penduduk miskin juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Jika di tahun 2018 pendapatan perkapita hanya dikisaran Rp. 520.462 per kapita per bulan. Maka di tahun 2019 pendapatan perkapita masyarakat naik menjadi Rp. 549.496 per kapita per bulan.

BPS juga kata Zarnubi menemukan adanya ketimpangan pengeluaran diantara penduduk miskin dalam satu tahun terakhir ini.

Atas rilis BPS itu, Markus selaku Bupati Bangka Barat pun mengungkapkan rasa syukur atas capaian dan berharap semua lintas sektoral bersama-sama menurunkan angka kemiskinan.

“Hasil tersebut merupakan sebuah proses positif dari hasil kerja OPD, pemerintah pusat, pihak swasta dan banyak pihak lain yang terlibat dalam upaya menekan angka kemiskinan,” ujarnya.(is)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: