Home / BANGKA BELITUNG / Ikut Pelatihan Samapta, 69 Pegawai Dishub Babel Diharapkan Lebih Disiplin

Ikut Pelatihan Samapta, 69 Pegawai Dishub Babel Diharapkan Lebih Disiplin

Oleh : Wina Destika

BANGKA, LASPELA – Sebanyak 69 pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Babel mengikuti pelatihan kesamaptaan, di kawasan Pantai Takari, Bangka, Jum’at (20/12/2019).

Kepala Dishub Babel KA Tajuddin, mengatakan pelatihan ditujukan untuk meningkatkan kualitas kedisiplinan dan pengetahuan para pegawai di bidang lalu lintas dan baris berbaris.

“Selain untuk kebugaran tubuh, diharapkan para pegawai dapat lebih disiplin dan mengulang kembali pemahaman tentang baris berbaris dan gerakan pengaturan lalu lintas dalam rangka meningkatkan kualitas SDM perhubungan,” ungkap Tajuddin, di sela-sela kegiatan.

Kebugaran tubuh dimaksud, kata Tajuddin, untuk menyiapkan pegawai dishub yang sehat fisik dan bersemangat dalam bertugas di lapangan. Mereka juga diharaokan dapat memperkuat suasana keakraban sesama.pegawai, serta dapat menikmati keindahan alam karena pelatihan dilaksanakan di kawasan wisata.

Tajuddin menambahkan, pelatihan yang diikuti para PNS dan PHL Dishub Babel dilakukan atas kerjasama dengan Ditlantas Polda Babel. Para peserta diberi pembinaan baik bersifat teori maupun praktik lapangan oleh dua orang instruktur dari kepolisian. Terutama materi yang berhubungan dengan gerakan pengaturan lalu lintas dan gerakan baris berbaris.

Terkait gerakan pengaturan lalu linta, menurut Tajuddin, sangat penting disegarkan kembali karena pegawai dishub berinteraksi langsung dalam membantu kelancaran lalu lintas di jalan raya.

“Saya melihat pengetahuan yang ada sekarang perlu lebih disegarkan kembali walaupun para pegawai sudah punya dasar-dasar awal, telebih pengaturan lalu lintas. Sehingga dalam mereka tidak ragu bertindak di lapangan,” tegasnya.

Khusus pengaturan lalu lintas diajarkan 12 gerakan pengaturan dengan pola 5-3-2-2. Dalam pelatihan yang berlangsung sehari tersebut ditekankan agar petugas bersikap tegas dalam mengatur lalu lintas untuk memberikan kepastian keselamatan kepada pemakai jalan dan petugas.rill/(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: