Home / BANGKA BELITUNG / Kelompok Arga Tani Adakan Kontes Durian Lokal

Kelompok Arga Tani Adakan Kontes Durian Lokal

Oleh : Indriani Sari

BANGKA BARAT, LASPELA– Musim Durian telah tiba di wilayah Kabupaten Bangka Barat, di sepanjang jalan banyak ditemui penjual musiman ini dengan pembeli yang berdatangan dari lokal dan luar daerah.

Memanfaatkan momentum tersebut, Kelompok Tani “Arga Tani” menggelar Kontes Durian untuk level Kabupaten Bangka Barat di pondok besar Rumah Makan Taman Duku Puput Atas Parittiga, Sabtu (21/12/2019) pagi.

Arif Rahman Hakim, Ketua panitia pelaksana kegiatan ini mengatakan kontes durian rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Durian asal Perittiga memang diakui levelnya di Kabupaten Bangka Barat dan sudah menjadi salah satu destinasi wisata untuk pecinta durian,” ungkap Arif.

Kontes yang dilaksanakan oleh sekelompok Petani durian ini, merupakan salah satu cara agar penggiat tanaman buah durian ini memperoleh varietas durian yang super untuk dikembangkan oleh petani.

” Penilaian kontes meliputi ketebalan, tekstur buah, rasa dan warna. Dari lomba ini nanti diharapkan petani bisa lebih pintar dan paham dalam memilih varietas. Adapun penilaian dibagi dua tahap, dipilih 10 besar kemudian 3 besar yaitu para juara 1,2 dan 3,” ujarnya.

Arif berharap kedepannya, pemerintah daerah terlibatkan dalam kontes durian ini, paling tidak kata Arif pihaknya mendapat dukungan maupun bisa menjadi program wisata kuliner di Bangka Barat.

“Selama ini kita bikin acara dengan cara patungan biar acara ini selalu ada dan berjalan baik,” ungkapnya.(is)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: