Home / BANGKA BELITUNG / Harga Daging Ayam dan Bawang Merah Merangkak Naik

Harga Daging Ayam dan Bawang Merah Merangkak Naik

KOBA, LASPELA– Menjelang Hari Raya Natal Tahun 2019, Tahun Baru 2020, dan memasuki masa libur sekolah, dua bahan pokok yaitu Bawang Merah dan Daging Ayam Broiler merangkak naik di Pasar Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Kepala Disperindagkop UKM Bateng, Kaharuddin, mengatakan bahwa kenaikan harga dua bahan pokok berdasarkan laporan petugas di lapangan yang terjadi mulai hari ini, Kamis (19/12/2019).

Kenaikan harganya sebesar Rp. 2000/ kg untuk Bawang Merah, dan Rp. 1000/ kg untuk Daging Ayam Broiler.
Pekan kemarin harga Bawang Merah Rp.32.000/ kg, sekarang menjadi Rp. 34.000/kg.
Kemudian Daging Ayam Broiler pekan kemarin Rp. 36.000/ kg, sekarang menjadi Rp. 37.000/ kg.

“Harga 23 bahan pokok dan barang strategis lainnya di Bateng, seperti Beras hingga Cumi- Cumi harganya terpantau stabil di pasar Koba,” kata Kaharuddin,
Kamis (19/12/2019).

Menurut Kaharuddin kenaikan yang tidak signifikan ini terjadi akibat faktor cuaca dan libur smester. Dalam kurun waktu satu dua hari belakang terdapat hujan cukup deras sehingga membuat jumlah pasokan bahan pokok dari Pangkalpinang ke Pasar Koba menurun sementara permintaan pasar meningkat menjelang hari raya Natal dan Tahun baru 2020.

“Ketidak seimbangan ini mengakibatkan bahan pokok tersebut susah didapatkan, Pedagang Pasar Koba mengeluarkan biaya lebih, karena harus pergi ke Pangkalpinang sendiri membeli kebutuhan bahak pokok tersebut, akibat pengeluaran biaya, harga bahan pokok menjadi naik,” jelas Kaharuddin.

Ia berharap kenaikan ini tidak berlangsung lama, dan Kaharudin mengungkapkan bahwa Pemasok Ayam Broiler dari Kabupaten Bangka sudah siap menyuplai kebutuhan warga Bateng menjelang hari Raya Natal dan Tahun baru 2020.

“Begitupun halnya dengan Bawang merah, informasi dari pengusaha di Pangkalpinang bahwa stok Bawang Merah masih aman dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Bateng yang merayakan Natal dan tahun baru 2020,” pungkas Kaharudin.(*)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: