Home / BANGKA BELITUNG / Desa Jebus Gelar Bimtek Bumdes

Desa Jebus Gelar Bimtek Bumdes

Oleh : Indriani Sari

BANGKA BARAT, LASPELA – Kantor Desa Jebus Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) “Jebus Bisa” di balai kemasyarakatan kantor desa Jebus, Rabu (18/12/2019)

Kades Jebus, Henry menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Bumdes yang dihadiri oleh Direksi Bumdes, Kepala Unit dan anggota sebanyak 30 orang membahas tentang kegiatan Bumdes kedepannya.

Henry berharap dengan adanya kegiatan ini pengurus Bumdes dapat menerapkan materi yang disampaikan narasumber dan mengimplementasikannya.

“Mereka bisa mengandalkan ilmunya, sehingga kedepan Bumdes dapat dikelola profesional, transparan dan akuntabel. Jadi bisa berjalan dan terlaksana serta dinikmati masyarakat” jelasnya.

Bumdes yang baru saja berjalan tiga bulan dengan 2 unit program yaitu Alat Tulis Kantor dan Simpan Pinjam ini direncanakan akan mengembangkan usahanya dengan penambahan unit kerja.

“Untuk jangka panjang akan direncanakan pengolaan sampah, wisata mangrove dan wisata desa. Dan untuk 2020 kita akan membentuk unit pengelolaan recycle sampah,” jelasnya.

Henry menjelaskan lebih lanjut bahwa unit pengelolaan sampah ini sebagai solusi pemanfaatan sampah yang cukup banyak di desa jebus dan dalam waktu dekat Bumdes akan membuat realisasi awal dengan membeli alat recycle serta mempersiapkan gudang penampungan sampah.

Adapun sampah yang akan dibarter nantinya berupa sampah plastik dan sampah kertas yang akan disosialisasikan pada awal tahun depan ke masyarakat terutama kepada ibu-ibu yang ada di tiga dusun agar sampah itu dipilah-pilah.

“Jadi sampah itu dikemudian hari akan dapat dibarter dengan barang yang ada di bumdes kami. Bisa dikumpul pertahun untuk biaya lebaran, bisa dikumpul untuk membayar biaya PBB atau berupa uang. Sedangkan penukaran langsung berupa sembako atau ATK,” sebutnya.(is)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: