Home / BANGKA BELITUNG / Koperasi Samudera Bakit Sukses Membudidayakan Ikan Kerapu Cantik

Koperasi Samudera Bakit Sukses Membudidayakan Ikan Kerapu Cantik

Oleh : Indriani Sari

BANGKA BARAT, LASPELA- Koperasi Samudera Bakit yang berdomisili di desa Bakit Kecamatan Parittiga sukses membudidayakan Ikan Kerapu Cantik.

Ketua Koperasi Samudra Bakit, Rudiansyah menjelaskan bahwa Budidaya Ikan Kerapu Cantik ini sudah mulai dikelola sejak akhir 2015 sampai dengan sekarang.

“Kita kelola semenjak akhir 2015 ikan kerapu hingga hari ini. Awalnya satu paket dari bantuan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) sebanyak 10 space lengkap bibit dan sarananya Kerambah Jaring Apung (KJA), 3 bulan kemudian bantuan dari DKP sebanyak 2 paket sebanyak 16 space. Bulan Mei mendapat bantuan dari kementerian 5 paket sebanyak 40 space jadi semuanya berjumlah 66 space,” ungkap Rudiansyah.

Rudi menjelaskan bahwa penjualan ikan kerapu cantik ini dimulai pada bulan Juni tahun 2016. Hasil penjualannya dikelola lagi dan dibagi 70 persen dibelikan benih dan 30 persen dibagi ke anggota.

Satu tahun kemudian panen lagi dengan pembagian 50 persen untuk pembibitan kembali dan 50 persen untuk anggota setelah dipotong operasional dan hal tersebut dilakukan sampai sekarang.

Untuk penjualan sudah dilakukan kerjasama dengan pembeli dari Jakarta dan Kepulauan Riau dengan kisaran harga 100 hingga 120 ribu perkilo.

Rudi menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Bangka Barat karena sekarang Koperasi Samudera Bakit sudah mandiri dengan tidak bergantung lagi kepada bantuan Pemda Bangka Barat.

“Sekarang sudah mandiri, beli bibit sendiri, bahkan selain Kerapu, sekarang telah membudidayakan ikan bawal bintang yang perkiraan bulan Februari 2020 akan panen perdana,” tuturnya.(is)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: