Home / BANGKA BELITUNG / Menara Tanjung Kalian Pilihan Tepat Pelancong Wisata Sejarah

Menara Tanjung Kalian Pilihan Tepat Pelancong Wisata Sejarah

BANGKA BARAT, LASPELA– Bagi Penikmat wisata sejarah, mungkin Menara Tanjung Kalian bisa direkomendasikan untuk dikunjungi.

Terletak di kota Muntok ujung Barat pulau Bangka, menara ini selalu saja menjadi tempat favorit pengunjung wisata bila berada di Muntok.

Menara dengan ketinggian 56 meter ini dibangun kolonial Belanda pada tahun 1862. Hal ini berarti saat ini usianya sudah 157 tahun.

Setiap saat pengunjung bisa mendatangi kawasan menara. Bagi yang cukup nyali, bisa masuk dan menaiki tangga demi tangga di dalam menara. Bukan perkara mudah untuk bisa mencapai puncak. Dibutuhkan tenaga ekstra.

Namun hasilnya lumayan sepadan. Berada di puncak menara, Anda bisa menyaksikan pemandangan alam laut lepas serta garis pantai dengan hamparan pasir memutih. Gugusan perbukitan Menumbing juga bisa disaksikan dari puncak menara.

Belum lagi Anda dapat melakukan foto dengan latar belakang pemandangan indah bak surgawi.

Suhaimi, Teknisi Menara Suar (TMS) Tanjung Kalian Muntok yang telah bekerja menjadi penjaga menara dari tahun 1994 silam mengatakan pengunjung yang datang berasal dari dalam daerah, luar daerah bahkan mancanegara.

” Namun untuk bulan ini biasanya agak sepi, karena musim barat, angin kencang dan gelombang besar, biasanya saat liburan sekolah dan hari-hari besar akan ramai pengunjung,” tuturnya pada Laspela, Minggu (15/12/2019).

Kepada pengunjung, Suhaimi pun sering memberikan arahan agar selalu menjaga kebersihan menara maupun di tepi pantai dekat menara.

“Setiap pengunjung pasti saya ingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak mencoret dinding menara, sehingga menara tetap terawat dan indah,” kata dia.(is)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish