Home / BANGKA BELITUNG / Warga Sinar Jaya Jelutung Dukung KIP Beroperasi Di Perairan Ake

Warga Sinar Jaya Jelutung Dukung KIP Beroperasi Di Perairan Ake

SUNGAILIAT, LASPELA — Ratusan warga kelurahan Sinar Jaya Kecamatan Sungailiat melaksanakan deklarasi mendukung terhadap masuknya Kapal Isap Produksi milik CBL (Citra Bangka Lestari) yang akan beroperasi diwilayah perairan Ake Kelurahan Sinar Jaya Jelutung Sungailiat, Minggu (8/12/19).

Dalam aksi tersebut para warga serentak membacakan deklarasi yang menyatakan sikap mendukung terhadap rencana pembukaan tambang diwilayah perairan Kelurahan Sinar Jaya Jelutung.

Kepala lingkungan Ake, Kasro menjelaskan alasan masyarakat sekitar mendukung penuh dengan adanya KIP yang akan beroperasi diwilayah tersebut.

“Jadi sekarang ini banyak sekali masyarakat kami yang tidak bekerja, maka dari itu kami bergabung dengan adanya KIP ini karena tentunya hal ini sangat membantu baik dari segi pekerjaan maupun ekonomi, pro dan kontra itu pasti ada, tetapi dengan kebersamaan ini kita rangkul semua demi terwujudnya kelancaran masuknya KIP disini, karena ini adalah BUMN tentunya kami mendukung atas adanya KIP di lingkungan Sinar Jaya Jelutung ini,” terangnya.

Pihaknya juga mengatakan bahwa masyarakat kelurahan Sinar Jaya tidak ada keragu-raguan untuk ikut bergabung kedalam KIP tersebut karena statusnya adalah legal.

“Inikan perusahaan BUMN jadi ini tentunya legal, karena kelegalan itulah kami berani, kalau tidak legal jelas kami tidak berani,” tegasnya.

Sementara itu, Randi perwakilan forum persatuan pemuda lingkungan Ake mengatakan bahwa KIP tersebut akan beroperasi sesuai IUP yang telah ditentukan, menurutnya KIP tersebut tidak menyalahi aturan yang berlaku.

“IUP yang ada disini itu milik PT Timah, jadi pasti akan berjalan, apalagi komoditas utama kita adalah timah jadi jelas itu akan berdampak pada ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Dalam aksi tersebut dihadiri oleh tokoh pemuda, tokoh masyarakat, kepala lingkungan dan masyarakat Kelurahan Sinar Jaya Jelutung. (mah)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: