Home / BANGKA BELITUNG / Polres Basel Terus Fokuskan Razia Pengendara Tanpa Gunakan Helm

Polres Basel Terus Fokuskan Razia Pengendara Tanpa Gunakan Helm

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Polres Bangka Selatan terus menggelarkan razia rutin di wilayah hukum Bangka Selatan (Basel) guna meningkatkan kesadaran masyarakat Basel pentingnya keselamatan bagi pengendara roda dua pada Selasa (3/12) malam di ruas Jalan Jenderal Sudirman.

Kapolres Basel AKBP. Ferdinand Suwarji pada Selasa (3/12) mengatakan giat razia rutin ini akan terus digalangkan agar masyarakat Basel terbiasa untuk melengkapi kewajiban sebagai pengendara roda dua, terutama pada penggunaan helm.

“Fokus personil saat razia yakni penggunaan helm bagi kendaraan bermotor, masyarakat jangan takut apabila ada razia kendaraan, karena sifatnya baru sebatas imbauan bagi pengendara untuk melengkapi seperti penggunaan helm dulu yang sudah ber Standarisasi Nasional Indonesia (SNI),” kata Kapolres.

Disebutkan Kapolres, apabila pengendara terjaring razia dengan tidak menggunakan helm, maka motor akan ditahan dulu sampai pengendara membawa helm dan baru bisa ambil motornya kembali.

“Kalau terjaring razia kendaraan dengan tidak menggunakan helm, pengendara akan disuruh pulang dulu dan kembali dengan menggunakan helm maka motornya akan dikeluarkan petugas,” sebutnya.

Ia menjelaskan, razia yang dilakukan Polres Basel masoh bersifat imbauan khusus helm. Dan untuk saat ini razia dirutinkan pada siang dan malam hari polisi lebih mengutamakan keselamatan pengendara dengan menggunakan helm yang ber SNI. “Tentunya ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam berkendara,” jelasnya.

Adapun personil yang diturunkan Polres Basel sebanyak 30 personil yang terbagi dari tiga tim dengan waktu tugas yang berbeda setiap harinya. “Jumlah personil diturunkan saat razia ada 30 personil, terdiri dari Satlantas, Propam dan dari Satreskrim kesemuanya itu kita bentuk menjadi tiga tim pada tugas yang berbeda-beda setiap harinya,” ujarnya. (Pra)

About nputralaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish