Home / BANGKA BELITUNG / Dinsos PPPA Akan Upayakan Sarana Prasana Bagi Disabilitas

Dinsos PPPA Akan Upayakan Sarana Prasana Bagi Disabilitas

Oleh : Dinda Agus Tiantie.

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) kota Pangkalpinang akan mengupayakan sarana dan prasarana bagi disabilitas di Kota Pangkalpinang.

Rika Komarina selaku kepala Dinsos PPPA, menuturkan jika kedepan pihaknya akan membuat akses-akses untuk disabilitas di kantor.

“Contohnya saja kantor Walikota sekarang kita lihat disitu sudah ada pegangan untuk orang-orang disabilitas dan juga kursi roda, tinggal kedepan kita kembangkan lagi, ” terangnya. Selasa (3/12/2019).

Sementara untuk fasilitas umum memang belum semuanya, namun sudah tersedia ditempat bermain anak.
“Ada akses untuk itu kita dahulukan, dan juga baik anak normal dan disabilitas semuanya mendapatkan hak-hak mereka,” tuturnya.

Sementara untuk pendidikan bagi anak penyandang disabilitas diberikan kebebasan dalam meraih pendidikan, baik di sekolah luar biasa maupun sekolah normal.

“Yang terpenting anak itu punya intelektual tinggi atau rendah, jika ia punya intelektual tinggi maka dia akan ada tes lagi, apakah dia mampu bersosialisasi, dan jika dia punya intelektual rendah maka dia bisa sekolah di sekolah luar biasa, jadi tergantung masing-masing tingkat intelektualnya, ” terangnya.

Ia berharap baik anak penyandang disabilitas maupun anak normal lainnya mempunyai hak-hak yang sama. “Baik dari pendidikan, kesehatan, maupun hak untuk bekerja,” sebutnya. (dnd)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish