Home / BANGKA BELITUNG / Seribu Bola Untuk Halau Serbuan Pedagang dan Parkir Liar

Seribu Bola Untuk Halau Serbuan Pedagang dan Parkir Liar

PANGKALPINANG, LASPELA– Tak Sekedar Penghias, Bola-bola batu berukuran Besar yang ditempatkan Pemerintah kota di beberapa titik jalan utama kota Pangkalpinang ini mempunyai fungsi lainnya yakni dicanangkan untuk ketertiban masyarakat.

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil menjelaskan bola-bola ini juga untuk menertibkan parkir-parkir liar.

“Bola-bola ini memang sebagai penghias namun juga bisa memiliki fungsi lain, terutama untuk ketertiban lalu lintas kita, parkir jangan lagi diatas trotoar sehingga trotoar ini tidak rusak,” jelasnya. Rabu (27/11/2019).

Molen melanjutkan, konsep yang dicanangkannya itu juga untuk menghalau Pedagang-pedagang yang mungkin akan memanfaatkan trotoar sebagai tempat jualannya.

“Inikan harus dirubah paradigma, pedagang tidak boleh lagi berjualan di trotoar. Dan kami ingin mengembalikan fungsi trotoar sedia kala sebagai tempat khusus pejalan kaki,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman kota Pangkalpinang, Miego menambahkan, adanya bola-bola penghias ini juga berfungsi untuk mengurangi itensitas kecelakaan bagi pejalan kaki.

“Itu juga pelindung untuk pejalan kaki, jika ada mobil yang menabrak trotoar mobil tersebut menabrak bola-bola itu dulu, jadi kita meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan bagi pejalan kaki,” jelasnya.

Pihaknya juga menyatakan bola-bola yang dipasang itu mempunyai tingkat keamanan yang tinggi sebab pemasangan bola menggunakan cor sehingga tak mudah beegeser. (dnd)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish