Home / BANGKA BELITUNG / Dalam Penguatan Literasi di Sekolah, Komunitas Literasi Babel Gelar Seminar Literasi Digital

Dalam Penguatan Literasi di Sekolah, Komunitas Literasi Babel Gelar Seminar Literasi Digital

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Komunitas Literasi Bangka Belitung menggelar kegiatan Seminar Literasi Digital, dengan mengusung tema “Penguatan Literasi Digital untuk Pengelola Perpustakaan Dalam Rangka Penguatan Literasi di Sekolah”.

Seminar Literasi Digital di buka langsung Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel, Dr. Drs. Arsyaf Suryadin, yang berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 27-28 November 2019 di ruang Sangai LPMP Babel.

Adapun peserta seminar terdiri dari pengelola perpustakaan tingkat SMA, SMK dan pegiat literasi di sekolah se- Pulau Bangka yakni kota Pangkalpinang, kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Bangka Selatan.

Dalam kesempatan ini, Ketua Komunitas Literasi Babel, Feryandi Komeng mengatakan kegiatan seminar ini kerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bangka Belitung dan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Untuk Bangka Barat pihak Dinas Pendidikan Provinsi Babel sudah mengirimkan surat undangan ke Cabdin Babar agar mengirimkan undangan seminar ke sekolah, namun hingga, Rabu (27/11/2019) belum ada peserta dari kabupaten Bangka Barat,” kata Komeng disela-sela acara seminar.

Sementara, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel Arsyaf Suryadin menjelaskan bahwa semestinya pembukaan seminar ini akan hadiri Gubernur Babel tapi beliau berhalangan hadir karena ada kegiatan di Jakarta.

“Kami sangat apresiasi kepada komunitas literasi Babel yang sudah melaksanakan kegiatan ini,” ujar Arsyaf

“Kami berharap masyarakat juga dapat aktif dalam menggalakkan budaya literasi agar bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” lanjutnya.

Ia menambahkan, dalam hal ini guru perpustakaan memiliki peran dalam meningkatkan budaya membaca dan menulis karya ilmiah ataupun buku.

“Untuk itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel akan melakukan perubahan dalam melaksanakan program-program terutama terkait literasi atau minat baca,” ucapnya.

Dikatakan Asyraf, yang sudah menulis dan menerbitkan puluhan judul buku ini berharap literasi digital mulai digunakan dalam melakukan upaya penguatan lirerasi.

Narasumber pada kegiatan seminar literasi digital ini yakni Rohayani Pustakawan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel, Kepala LPMP Babel Drs Dadan Supriatna MPd, Manager Digital Bangka Pos Fitriadi, Fasilitator Literasi Tingkat Regional Sumatra Kurniawati MPd, Ketua Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) Sumsel dan Kaprog Studi DIV Manajemen Informatika POLSRI Palembang dan narasumber Dr Wawan H Purwanto (Juru bicara Kepala BIN, Pengajar Pscasarjana UI, Pengajar Pusat Manajemen Pertahanan Kemhan RI, Pengajar Sespimti Polri, Widyaswara Lemhannas RI dan Mantan Rektor Sekolah Tinggi Intelijen Negara).

Seminar ini terlaksana atas kerjasama Komunitas Literasi Bangka Belitung di dukung oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel, Dinas Pendidikan Babel, LPMP Babel, PT Timah Tbk dan penerbit buku erlangga dan Bangkapos.rill/(wa)

About winalaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish