Danau Kaolin Bangka Tengah Raih Peringkat Ke- 3 Destinasi Wisata Unik API 2019

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA– Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali meraih prestasi, kali ini Bateng meraih Juara ke- 3 Kategori Destinasi Wisata Unik Terpopuler dalam Anugrah Pesona Indonesia (API) Tahun 2019, penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Bateng, H. Ibnu Saleh, bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Malam Penganugrahan Pesona Indonesia 2019 dihadiri oleh perwakilan menteri pariwisata, perwakilan menteri koordinator, gubernur, bupati/ walikota, se- Indonesia.

Dalam sambutannya, menteri pariwisata yang diwakili staff ahli, mengatakan bahwa API merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

“Penyelenggaraan API bertujuan untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata, serta mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing- masing,” ujarnya.

Bupati Bateng, Ibu Saleh, mengatakan bahwa API merupakan ajang terpopuler di Indonesia yang didukung penuh oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Ibnu menceritakan bahwa Danau Kaolin merupakan danau buatan bekas tambang timah yang ditambang sejak tahun 1971, pada waktu dulu keindahan dan keunikannya belum menjadi perhatian, tetapi sekarang telah dikemas apik dan menjadi tempat wisata yang unik, terbukti dengan diterimanya penghargaan ini.

Ibnu menganggap Wisata Danau Kaolin merupakan suatu anugrah Bangka Tengah dan Bangka Belitung, dan Ibnu akan berupaya menjadikan Wisata Danau Kaolin agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Ini sangat membahagiakan sekali khususnya bagi Negeri Selawang Segantang (Bateng), kita sudah banyak mendapat penghargaan, dan sekarang giliran Wisata Danau Kaolin kita yang mendapatkan penghargaan berupa juara ke- 3 se- Indonesia untuk Kategori Destinasi Wisata Unik Terpopuler di acara Anugrah Pesona Indonesia Tahunan 2019, Jumat (22/11/2019).

Ibnu mengucapkan terimakasih kepada stakeholder, terutama masyarakat Bateng yang sudah banyak berpartisipasi untuk mendukung dan ikut voting melalui sms, dan berpesan agar prestasi yang telah diraih menjadi pemacu semangat seluruh masyarakat Bateng untuk membangun Bateng menjadi lebih unggul.

“Saya berharap prestasi- prestasi yang telah kita raih bisa menjadi motivasi kita untuk semangat membangun Bateng menjadi Lebih unggul,” ujar Ibnu Saleh.(*)