Home / BANGKA BELITUNG / Generasi Muda Diminta Untuk Ambil Andil Dalam Lestarikan Budaya

Generasi Muda Diminta Untuk Ambil Andil Dalam Lestarikan Budaya

Oleh : Dinda Agus Tiantie.

PANGKALPINANG, LASPELA – Pelestarian Budaya harus dijunjung tinggi oleh generasi muda, itulah yang disampaikan Saad Toyib Budayawan Bangka Belitung. Selasa (19/10/2019).

“Generasi muda haruslah mengambil andil dalam meneruskan melestarikan budaya adat istiadat kita, mengenal lebih dalam kekayaan budaya yang kita miliki, jangan hanya kami,” tuturnya.

Generasi muda pun harus lebih mengenal terlebih dahulu Budaya yang ada. “Kita harus mengenal dulu Budaya yang ada, dimulai dari musik, tarian, kaligrafi, dan nyanyian, serta adat istiadatnya,” terangnya.

Pengaruh modernisasi pun menjadi tantangan bagi generasi muda. “Anak muda sekarang cenderung untuk lebih modern, mendengarkan lagu-lagu modern, berpakaian modern, dan lainnya, tanpa kita tahu orang-orang diluar sana, Perancis, Inggris dan lainnya tertarik dengan suatu kebudayaan,” sebutnya.

Pelestarian budaya juga kata dia memerlukan peran dari Pemerintah, bagaiaman Pemerintah menyadarkan generasi muda untuk dapat mencintai budaya daerahnya sendiri.

“Seperti peran Pemerintah untuk mewajibkan suatu pelajaran tentang sejarah daerah di Sekolah-sekolah instruksi dari orang-orang yang mempunyai jabatan itulah yang mengambil peran sangat penting demi pelestarian ini,” ulasnya.

“Wajibkan anak-anak sekolah untuk bisa memainkan gambus, bisa menarikan tarian tradisional kita seperti tari campak, lebih mengenal adat istiadat, nah seperti itu jika ingin melestarikan Budaya, Pemerintah harus bergerak,” lanjutnya.

Ia juga berharap, pengaruh moderniasasi tidak dapat melunturkan jiwa-jiwa generasi muda untuk dapat melestarikan dan mengenalkan kepada dunia tentang Budayanya. (dnd).

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish