Home / BANGKA BELITUNG / Karena Sakit Hati, 3 Kawanan Pecuri Bobol Konter Hp Di Desa Penyak

Karena Sakit Hati, 3 Kawanan Pecuri Bobol Konter Hp Di Desa Penyak

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA- Sakit hati karena keinginan untuk mencicil handphone (Hp) tak dikabulkan oleh pemilik Konter Hp, Arsal nekat membobol dan menggasak barang- barang senilai kurang lebih Rp. 40 juta dari sebuah Konter Hp milik Alpian yang berada di Desa Penyak, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), saat beraksi Arsal dibantu dengan kedua rekannya yaitu Paul, dan Ciboy.

Tindak pidana pencurian dengan pemberatan pembobolan Konter Hp milik Alpian oleh ketiga kawanan pencuri dengan otak pelaku Arsal tersebut, bermula pada Rabu (25/9/2019), ketika Arsal datang ke konter hp milik Alpian untuk mengajukan kredit handphone pintar seharga Rp1,2 juta, dengan tawaran memberikan uang sebesar Rp.500 ribu, namun permintaan Arsal tersebut ditolak oleh Alpian.

Karena mengaku sakit hati lantaran permintaan cicilan hp nya ditolak Alpian, pada Kamis (26/9/2019) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, Arsal mengajak kedua rekannya, yaitu Paul, dan Ciboy, untuk bersama- sama membobol Konter Hp milik Alpian, dengan cara mencongkel pintu bagian belakang dengan menggunakan sebilah linggis.

Aksi pecurian tersebut berhasil, dan ketiga kawanan pencuri tersebut membawa kabur barang- barang curian dari Konter Alpian dengan menggunakan sepeda motor jenis Yamaha Mio warna hitam, milik pelaku Arsal, dan barang- barang curian tersebut antara lain, 3 set speaker aktif merek GMC, Polytron dan Sharp, 1 unit radio merek X-Bass beserta kotak, 3 kotak Hp Android masing- masing merk Redmi 7, Samsung A2, Nokia 130, 1 buah kotak senter kepala, 1 buah lampu 12 volt, 1 unit kipas angin kecil merek GMC, 2 unit changer Hp warna hitam, serta 11 unit Hp aneka jenis dan merek.

Beberapa hari setelah kejadian, korban Alpian melaporkan kejadian pencurian Konter Hp miliknya ke Polres Bateng, dan langsung diproses dengan nomor Laporan Polisi LP/B-289/IX/2019/SPKT/RES Bateng, tertanggal 30 September 2019.

Kabag Ops Polres Bateng, AKP Andi Purwanto SIK, didampingi oleh Kasatreskrim AKP Robby Ansyari SIK, dalam press release di Mapolres Bateng, Rabu (13/11/2019), membenarkan bahwa adanya penangkapan tiga kawanan pelaku curat, yakni Paul Ricardo alias Edoy, Sarliandi alias Cibot, dan Arsal, atas pengembangan laporan dari korban yang konter Hpnya dibobol ketiga pelaku.

“Setelah dilakukan pengembangan hingga pada Senin (11/11/2019) malam sekitar pukul 22:00 WIB, anggota Opsnal Polres Bateng mendapatkan informasi bahwa salah seorang pelaku yakni Cibot, sedang berada di Belinyu, Kabupaten Bangka, dan kemudian berhasil dibekuk. Setelah itu, dari pengembangan selanjutnya, pelaku Arsal berhasil dibekuk di Kurau, Kecamatan Koba, Bateng, dan kemudian pelaku Paul berhasil dibekuk di Desa Kace,” jelas AKP Andi, Rabu (13/11/2019).

Ketiga pelaku curat tersebut dilumpuhkan dengan timah panas di bagian betis karena melakukan perlawanan saat hendak diamankan oleh petugas.

“Ketiga pelaku langsung diamankan ke Mapolres Bateng untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, termasuk juga sejumlah barang bukti. Ketiga pelaku dikenakan Pasal 363 UU KUHP, dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun,” ungkap AKP Andi.(*)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish